Nugraha, Muhamd Arif (2023) Internalisasi nilai pendidikan agama Islam melalui budaya Religius dalam membentuk Akhlak terpuji peserta didik : Penelitian di SMP PGII 2 Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari sebuah fenomena output walaupun sekolah Islam masih ditemukan beberapa peserta didik yang kurang menghayati nilai-nilai agama seperti masih adanya peserta didik yang melakukan pelanggaran terhadap peraturan sekolah, tidak menggunakan atribut sekolah, datang terlambat, sering absen atau membolos dan kurang sopan dalam berbicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) tujuan internalisasi PAI melalui budaya religius dalam membentuk akhlak terpuji peserta didik; 2) program internalisasi PAI melalui budaya religius dalam membentuk akhlak terpuji peserta didik; 3) proses internalisasi nilai PAI melalui budaya religius dalam membentuk akhlak terpuji peserta didik; 4) evaluasi internalisasi nilai PAI melalui budaya religius dalam membentuk akhlak terpuji peserta didik; 5) faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai PAI melalui budaya religius dalam membentuk akhlak terpuji peserta didik; 6) menganalisis hasil internalisasi nilai PAI melalui budaya religius dalam membentuk akhlak terpuji peserta didik. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif naturalistik dengan metode analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di lokasi penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik Miles and Huberman, yakni pendekatan analisis data kualitatif yang dilakukan secara interaktif dan berkelanjutan hingga data dianggap telah jenuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Tujuan internalisasi nilai PAI melalui budaya religius dalam membentuk akhlak terpuji peserta didik menjadi individu yang memiliki keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta memiliki karakter dan budi pekerti yang mulia; 2) Program internalisasi nilai PAI melalui budaya religius dalam membentuk akhlak terpuji peserta didik berupa kegiatan harian, kegiatan mimgguan, kegiatan bulanan dan kegiatan tahunan; 3) proses internalisasi nilai PAI melalui budaya religius dalam membentuk akhlak terpuji peserta didik terdiri dari tiga tahapan, yaitu transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinteralisasi nilai; 4) evaluasi internalisasi nilai PAI melalui budaya religius dalam membentuk akhlak terpuji peserta didik dengan menggunakan metode evaluasi non tes, seperti observasi atau pengamatan secara terjadwal dan tidak terjadwal, penilaian antar teman, serta adanya buku penghubung sebagai mentoring aktivitas keagamaan peserta didik; 5) Faktor pendukung terdiri kesadaran dan komitmen peserta didik, peran pendidik, dukungan dari orangtia dan lingkungan belajar yang kondusif sedangkan faktor penghambat kurangnya kesadaran dan komitmen peserta didik, kurangnya dukungan dari orangtua, keterbatasan SDM, lingkungan dimana tinggal serta tangtangan dari pesatnya perkembangan jaman; 6) Hasil dari proses internalisasi nilai PAI melalui budaya religius dalam membentuk akhlak terpuji peserta didik berupa sikap kecintaan dalam beribadah, sikap hormat dan santun kepada pendidik, para peserta didik menjadi dekat dan akrab dengan teman lainnya, memiliki jiwa kepedulian sosial yang tinggi, taat dan patuh terhadap berbagai peraturan sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai pendidikan nilai pendidikan agama Islam; budaya religius; akhlak terpuji; peserta didik |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhamad Arif Nugraha |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 07:30 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 07:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77285 |
Actions (login required)
View Item |