Nurdini, Helni (2023) Peran keikhlasan Guru dalam meningkatkan kemampuan perilaku adaptif anak tunagrahita: Studi deskriptif kualitatif pada Guru di SLB Darul Hidyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (811kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (896kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (838kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan dalam membahas keikhlasan guru dalam mengajar anak tunagrahita. Anak tunagrahita ialah anak dengen keterbelakangan intelektual, serta memiliki hambatan dalam kemampuan perilaku adaptif. Oleh karena nya bagi pengajar harus memiliki keikhlasan dalam mendidiknya. Ikhlas bermula dari niat yang tulus lillahi ta’ala. Dengan keikhlasan guru mampu mengajar dengan penuh kasih sayang serta kesabaran yang tinggi, hingga mampu membimbing anak tunagrahita mendapatkan pendidikan, melatih menumbuhkan potensi, dan menigkatkan kemampuan perilaku adaptif pada anak tunagrahita. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana gambaran perilaku adaptif anak tunagrahita di SLB Darul Hidayah Kota Bandung, untuk mengetahui bentuk pengaplikasian ikhlas guru pada anak tunagrahita di SLB Darul Hidayah Kota Bandung dan untuk mengetahui bagaimana keikhlasan guru dapat meningkatkan kemampuan perilaku adaptif anak tunagrahita di SLB Darul Hidayah Kota Bandung. Adapun metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode deskriptif kualitatif. Dengan lima orang informan guru dan satu informan kepala sekolah sebagai subjek penelitian. Dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pengumpulan data. Teknik analisis data dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah gambaran kemampuan perilakua daptif anak tunagrahita di SLB Darul Hidayah Bandung ini dinilai signifikan terus meningkat dan berkembang karena terus dilakukan dan di ingatkan setiap harinya. Gambaran keikhlasan guru ini lebih cenderung berada pada tingkat ikhlas orang khawash (khusus) yaitu beribadah dengan harapan dapat menjadi hamba yang dekat dengan Allah swt. dengan mengharapkan keuntungan di akhirat kelak, dan keikhlasan berperan penting terhadap perkembangan perilaku adaptif anak tunagrahita. Dengan keikhlasan guru mampu melayani mereka dengan penuh kasih mengharap keridhoan Allah sehingga mampu mengasah potensi yang ada hingga meningkatnya kemampuan perilaku adaptif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru; Ikhlas; Perilaku Adaptif |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters Islam > Sufi Orders Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Helni Nurdini |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 04:05 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 04:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77297 |
Actions (login required)
View Item |