Penerapan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Majalah Elektronik untuk mengembangkan Literasi Lingkungan pada materi Penanggulangan Limbah Plastik

Pusparianti, Riandini (2023) Penerapan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Majalah Elektronik untuk mengembangkan Literasi Lingkungan pada materi Penanggulangan Limbah Plastik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran berbasis masalah menggunakan majalah elektronik, mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan lembar kerja mahasiswa sesuai tahapan pembelajaran berbasis masalah, dan menganalisis hasil literasi lingkungan setelah dilakukan penerapan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pre-experiment one shoot case study. Subyek penelitian merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia di UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada mata kuliah pilihan Pengelolaan dan Pengolahan limbah dengan jumlah 17 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah Lembar Observasi Aktivitas, Lembar Kerja Mahasiswa, Rubrik Lembar Kerja, Soal Tes Literasi Lingkungan Rubrik Soal Tes Literasi Lingkungan, dan Angket Sikap Literasi Lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan nilai aktivitas mahasiswa secara keseluruhan memperoleh nilai 100 dengan interpretasi sangat baik. Nilai penyelesaian lembar kerja pembelajaran berbasis masalah secara keseluruhan memperoleh nilai 82 dengan interpretasi sangat baik. Nilai tes literasi lingkungan dinilai dengan hasil tes literasi lingkungan pada aspek 1) pengetahuan, 2) keterampilan kognitif, 3) sikap terhadap lingkungan, dan 4) tindakan terhadap lingkungan, serta angket literasi lingkungan pada aspek sikap terhadap lingkungan dan tindakan terhadap lingkungan secara keseluruhan memperoleh nilai 76 dengan interpretasi baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah menggunakan majalah elektronik dapat mengembangkan literasi lingkungan mahasiswa terutama pada aspek pengetahuan dan keterampilan kognitif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Literasi Lingkungan; Pembelajaran Berbasis Masalah; Majalah Elektornik
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Riandini Pusparianti
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:29
Last Modified: 14 Sep 2023 01:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77342

Actions (login required)

View Item View Item