Studi terhadap perilaku Impression management mahasiswa pengguna aplikasi Tik Tok : Studi deskrptif menggunakan pendekatan Dramaturgidi kalangan mahasiswa Jurusan Sosiologi angkatan 2020

Masrifah, Masrifah (2023) Studi terhadap perilaku Impression management mahasiswa pengguna aplikasi Tik Tok : Studi deskrptif menggunakan pendekatan Dramaturgidi kalangan mahasiswa Jurusan Sosiologi angkatan 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy

Abstract

Media sosial telah menjadi suatu hal yang tidak dapat dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Salah satunya yaitu media sosial Tik Tok yang saat ini menjadi media sosial paling populer di masyarakat termasuk kalangan pelajar atau mahasiswa. Penggunaan aplikasi Tik Tok memiliki pengaruh pada kehidupan masyarakat aktivitas sehari-hari akan menjadi lebih memakan waktu. Penelitian ini membahas mengenai perilaku impression management atau pengelolaan kesan pengguna aplikasi Tik Tok di kalangan mahasiswa Jurusan Sosiologi Angkatan 2020 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui panggung depan dan panggung belakang serta perilaku impression pengguna aplikasi Tik Tok di kalangan mahasiswa Jurusan Sosiologi Angkatan 2020 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori interaksi sosial dan teori dramaturgi Erving Goffman yaitu bahwa terdapat dua wilayah kajian yaitu Front stage (panggung depan) wilayah panggung sandiwara yang dipertontonkan khalayak merujuk kepada peristiwa sosial yang memungkinkan individu menampilkan peran formalnya. Kemudian Front stage (panggung belakang) yang merupakan wilayah yang merujuk kepada tempat sang aktor untuk mempersiapkan perannya di wilayah depan atau gambaran sesungguhnya dari dirinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif untuk mendeskripsikan peristiwa yang terjadi di lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh dari beberapa informan yaitu mahasiswa Jurusan Sosiologi Angkatan 2020 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. dan sumber data sekunder diperoleh dari hasil infomasi melalui media sosial, website, hingga berita yang bersangkutan untuk dapat melengkapi serta memperkuat informasi-informasi yang diperoleh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Tik Tok digunakan untuk unjuk kreasi kemampuan diri serta membangun citra diri sesuai dengan yang diharapkan untuk mendapatkan pengakuan atau penilaian baik dari followers, selain itu untuk membangun personal branding demi kepentingan popularitas di media sosial. Impression Management mahasiswa pengguna aplikasi Tik Tok menunjukkan bahwa penampilan dalam video Tik Tok atau front stage hanya sebatas ingin menunjukkan pada publik dan untuk meningkatkan eksistensinya di media sosial, sedangkan back stage nya selayaknya mahasiswa biasa dengan kegiatan sehari-hari. Kesimpulannya panggung depan dan panggung belakang mahasiwa memiliki perbedaan dan bahkan dapat tidak saling berkaitan antara kegiatan yang ada di panggung depan yakni di video Tik tok dengan kegiatan yang ada di panggung belakang yaitu keseharian mahasiwa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Impression Management; Dramaturgi; Front Stage; Back Stage; Aplikasi Tik Tok
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Masrifah Maasrifah
Date Deposited: 14 Sep 2023 10:37
Last Modified: 14 Sep 2023 10:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77360

Actions (login required)

View Item View Item