Andriani, Annisa Fitri (2023) Evaluasi program ATCS (Area Traffic Control System) pada Dinas Perhubungan Kota Bandung tahun 2018-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan unung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftar isi.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1 (1).pdf Download (306kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
Abstract
Program ATCS memiliki peranan yang penting dalam Keberlangsungan kelancaran lalu lintas di Kota Bandung. Namun dalam pelaksanaan kegiatannya diketahui bahwa Dinas Perhubungan Kota Bandung mencatat penggunan kendaraan umum lebih sedikit dari kendaraan pribadi, dengan rasio presentase kendaraan umum 8.54% dan kendaraan pribadi 91.46%. Dinas Perhubungan juga mencatat pelanggaran yang ditemukan di Lalu Lintas Persimpangan Kota Bandung, dengan Simpang Caringin adalah perimpangan dengan pelanggaran terbanyak. adapun beberapa bentuk pelanggaranya lalu lintas nya adalah Berhenti di Zebra Cross, Berhenti melebihi Stopline, Tidak menggunakan helm, melanggar rambu-rambu lalu lintas, melanggar APILL, dan kendaraan yang kelebihan batas penumpang. Lalu adanya simpang yang sangat polemic dengan waktu tunggu yang lama yakni persimpangan Soetta Kiaracondong yang dimana menjadi ranah tanggung jawab ATCS. Hal-hal tersebut adalah permasalahan yang mengganggu ketidakcapaianya Tujuan dari ATCS ini sebagaimana yang tertera dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 4 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui Evaluasi Program ATCS (Area Traffic Control System) Pada Dinas Perhubungan Kota Bandung tahun 2018-2023 dengan menggunakan Teori Evaluasi Kebijaka oleh Wiliam N. Dunn dengan enam dimensi yaitu efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, dan ketepatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lalu, data primer dan data sekunder diperoleh melalui Teknik pengumpulan data, meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian yang mengacu pada teori William N. Dunn (2003) bahwa evaluasi Program ATCS (Area Traffic Control System) Pada Dinas Perhubungan Kota Bandung tahun 2018-2023 dapat dikatakan belum baik, karena masih terdapat beberapa indikator yang masih belum optimal. Terlihat bahwa masih belum adanya pemerataan manfaat yang sama terhadap jenis fasilitas atau perangkat ATCS di persimpangan, sosialiasi yang dilakukan masih belum dapat menjangkau masyarakat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program ATCS (Area Traffic Control System); Evaluasi; |
Subjects: | Public Administration Public Administration > General Publications of Public Administration Public Administration > Public Administration in Specific Localities Public Administration > Public Administration in Indonesia Specific Field of Public Administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Annisa Fitri Andriani |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 01:28 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 01:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77363 |
Actions (login required)
View Item |