Hubungan gaya kepemimpinan Kiai dan kinerja Asaatidz dengan kualitas Pesantren: Penelitian di Pondok Pesantren se-Kabupaten Karawang

Amzzasuki, Amzzasuki (2023) Hubungan gaya kepemimpinan Kiai dan kinerja Asaatidz dengan kualitas Pesantren: Penelitian di Pondok Pesantren se-Kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam meningkatkan kualitas pesantren, gaya kepemimpinan Kiai dan kinerja Asaatidz memiliki peranan yang sangat penting, karena keduanya merupakan monitor semua kegiatan, kebijakan dan peraturan yang ditetapkan. Namun realitanya, masih terdapat Kiai yang belum menjalankan perannya dengan baik dan Asaatidz yang belum memaksimalkan kinerjanya sehingga sangat memengaruhi terhadap kualitas pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat hubungan antara gaya kepemimpinan Kiai dan kinerja Asaatidz dengan kualitas pesantren di pondok pesantren se-kabupaten Karawang. Gaya Kepemimpinan Kiai memiliki indikator yaitu karismatik, paternalistik, otoriter, demokrasi, dan laissez faire. Sedangkan indikator Kinerja Asaatidz yaitu kesetiaan, hasil kerja, kejujuran, kedisiplinan, kreativitas, kerja sama, kepemimpinan, kepribadian, prakarsa, kecakapan, dan tanggung jawab. Adapun indikator Kualitas Pesantren yaitu input pendidikan, proses pendidikan, dan output pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen (validitas dan reliabilitas), analisis statistik deskriptif, analisis parsial indikator, uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi berganda, dan uji koefisien determinasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel X1 Gaya Kepemimpinan Kiai termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi”, karena berada dalam rentang interval 4,20 – 5,00 yaitu dengan nilai yang diperoleh sebesar 4,31. Variabel X2 Kinerja Asaatidz juga termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi”, karena berada dalam rentang interval 4,20 – 5,00 yaitu dengan nilai yang diperoleh sebesar 4,37. Begitupun Variabel Y Kualitas Pesantren termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi”, karena berada dalam rentang interval 4,20 – 5,00 yaitu dengan nilai yang diperoleh sebesar 4,54. Gaya Kepemimpinan Kiai memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan Kualitas Pesantren, hal ini dibuktikan oleh nilai taraf signifikan 0.000 < alpha 0,05 dan uji korelasi sebesar 0,491. Kinerja Asaatidz juga memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan Kualitas Pesantren, hal ini dibuktikan oleh nilai taraf signifikan 0.000 < alpha 0,05 dan uji koefisien korelasi sebesar 0,527. Begitupun Gaya Kepemimpinan Kiai dan Kinerja Asaatidz secara simultan memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan Kualitas Pesantren, hal ini dibuktikan oleh nilai taraf signifikan 0.000 < alpha 0,05 dan uji koefisien korelasi sebesar 0,568. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R square) diperoleh hasil sebesar 0,323. Kesimpulannya hubungan Gaya Kepemimpinan Kiai dan Kinerja Asaatidz dengan Kualitas Pesantren memproleh nilai sebesar 32,3%, sedangkan sisanya sebesar 67,7% disebabkan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Kiai; Kinerja Asaatidz; Kualitas Pesantren
Subjects: Islam > Islamic Leaders
Social Process > Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Amzzasuki Amzzasuki
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:39
Last Modified: 14 Sep 2023 01:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77370

Actions (login required)

View Item View Item