Berita Politik pada Instagram @Narasinewsroom dalam pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa : Studi kualitatif pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN Bandung angkatan 2020

Tania, Zafira (2023) Berita Politik pada Instagram @Narasinewsroom dalam pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa : Studi kualitatif pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN Bandung angkatan 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Semakin melesatnya percepatan teknologi, tentunya mempengaruhi media massa. Salah satu bentuk adaptasi untuk menyikapi percepatan teknologi dibuktikan oleh media masa konvesional yang mulai memunculkan versi terbaru, yaitu turut terjun baik di media online berbasis web, maupun media sosial. Pengembangan ini tentunya didukung dengan pengemasan berita yang lebih menarik serta lebih interaktif dengan pembacanya. Narasi merupakan salah satu media yang menyajikan berita melalui media sosial Instagram. Berita dikemas menggunakan infografis, potongan gambar maupun video yang berdurasi pendek. Akun Instagram @narasinewsroom menyajikan berbagai jenis berita. Salah satu berita yang diganrungi oleh pengikutnya ialah berita politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman, pengetahuan serta pengalaman pada mahasiswa ilmu komunikasi jurnalistik UIN Bandung angkatan 2020 dari berita politik yang dipublikasikan pada Instagram @narasinewsroom dalam pemenuhan kebutuhan informasi. Teori fenomenologi merupakan teori yang digunakan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan atau memaparkan suatu peristiwa yang terjadi secara apa adanya. tanpa merubah fakta yang sebenarnya. Hal ini memiliki relevansi dengan bagaimana pemenuhan informasi mahasiswa pada berita politik yang dipublikasikan pada akun Instagram @narasinewsroom. Adapun pendekatan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif untuk memaparkan jawab dari fokus penelitan. Metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologis. Metode ini dipilih dikarenakan dapat menggambarkan bagaimana berita politik yang disajikan dalam instagram narasinewsroom dapat memenuhi kebutuhan informasi pada mahasiswa jurnalistik UIN Bandung Angkatan 2020. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa memahami serta terpenuhi kebutuhan informasi berita politik yang dipublikasikan pada akun Instagram narasi. Adapun demikian, terdapat dua aspek yang membantu mahasiswa dalam proses pemahaman yaitu pengemasan berita serta penggunaan Bahasa. Hal memiliki korelasi dengan konsep kebutuhan pemenuhan kebutuhan informasi. Selanjutnya, mahasiswa mendapatkan pengetahuan lebih luas melalui dua aspek yaitu pemilihan narasumber dan kelengkapan berita. Hal ini memiliki korelasi dengan memiliki korelasi dengan salah satu jenis kebutuhan informasi yaitu Current need approach. Terakhir, mahasiswa mendapatkan pengalaman baik secara akademik maupun secara non akademik. Hal ini memiliki korelasi dengan kebutuhan informasi yakni kebutuhan integrasi sosial, kebutuhan afektif, integrasi personal, kebutuhan hiburan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berita Politik; Pemenuhan Kebutuhan Informasi; Instagram; Narasinewsroom
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Zafira tania
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:11
Last Modified: 14 Sep 2023 01:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77402

Actions (login required)

View Item View Item