Khithabah KH. Mahfudz Hudlori dalam memotivasi Jamaah untuk mengikuti Pengajian : Studi deskriptif di Majelis Taklim Al-Ummahat

Fatihah, Nissa Aulina (2023) Khithabah KH. Mahfudz Hudlori dalam memotivasi Jamaah untuk mengikuti Pengajian : Studi deskriptif di Majelis Taklim Al-Ummahat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_Cover)
1_cover.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_daftarisi)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_bab1)
4_bab1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (5_bab2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (6_bab3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text (7_bab4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (8_daftaspustaka)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy

Abstract

Khithabah merupakan proses penyampaian pesan dakwah yang dilakukan oleh khatib secara lisan kepada mukhatab. Khithabah sudah ada sejak zaman Nabi dan Rasul hingga saat ini aktivitas khithabah bisa ditemukan salah satunya adalah pada kegiatan pengajian di majelis taklim. Saat seorang khatib menyampaikan khithabah dan jamaah memperhatikan khithabah khatib maka khithabah yang disampaikan bisa mempengaruhi mukhatab sehingga khithabah khatib dapat menjadi sebuah motivasi atau dorongan bagi jamaah untuk mengikuti pengajian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui khithabah KH. Mahfudz Hudlori dalam memotivasi jamaah untuk mengikuti pengajian di majelis taklim Al-Ummahat Cirebon. Penelitian ditinjau berdasarkan teori motivasi kebutuhan Maslow dan meneliti motivasi yang menjadi faktor untuk mengikuti pengajian berdasarkan dua jenis motivasi yaitu motivasi ekstrinsik dan motivasi intrinsik.Dengan menggunakan metode deskriptif maka data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu dengan menggambarkan keadaan sesuai fakta dan hasil data yang didapatkan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang penulis dapatkan dalam penelitian ini adalah data yang berasal dari observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa khithabah KH. Mahfudz Hudlori menggunakan pendekatan Muqtadhol Hal yang ditinjau dari segi persiapan, pelaksanaan, serta evaluasi. Sesuai dengan surat An-Nahl ayat 125 yaitu KH. Mahfudz Hudlori menggunakan khithabah metode bilhikmah, mauidzah hasanah, dan jika diperlukan menggunakan mujadalah. Adanya motivasi jamaah untuk mengikuti pengajian berdasarkan teori kebutuhan Maslow terdapat lima motivasi kebutuhan dasar manusia yaitu kebutuhan fisiologi, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi jamaah terbagi menjadi dua berdasarkan jenis motivasi yaitu faktor motivasi ekstrinsik atau faktor yang memotivasi jamaah dari luar diri jamaah dan faktor motivasi intrinsik atau faktor yang memotivasi jamaah untuk mengikuti pengajian yang muncul dari dalam diri jamaah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Khithabah; Motivasi; Pengajian.
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nissa Aulina Fatihah
Date Deposited: 14 Sep 2023 04:59
Last Modified: 14 Sep 2023 04:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77465

Actions (login required)

View Item View Item