Peran Terapi Bekam pada Dahi untuk meningkatkan konsentrasi belajar Mahasantri : Studi kasus Mahasantri Tarekat Idrisiyyah Kabupaten Tasik

Pertiwi, Selviana Rosa (2023) Peran Terapi Bekam pada Dahi untuk meningkatkan konsentrasi belajar Mahasantri : Studi kasus Mahasantri Tarekat Idrisiyyah Kabupaten Tasik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Konsentrasi belajar merupakan faktor yang membantu mahasantri untuk berhasil memperoleh prestasi yang baik dan jika konsentrasi berkurang maka akan sulit bagi para mahasantri untuk menerima pembelajaran baik pembelajaran dikelas maupun belajar sendiri. Hanya saja terdapat banyak mahasantri di pondok pesantren Tarekat Idrisiyyah yang mengalami keluhan sakit kepala, pusing dan migrain yang mana hal tersebut menyebabkan turunnya konsentrasi belajar bagi para mahasantri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kosentrasi mahasantri di Tarekat Idrisiyyah Tasik, mengetahui proses pelaksaan terapi bekam pada dahi di Pondok Pesantren Tarekat Idrisiyyah Tasik serta mengetahui peran terapi bekam pada dahi untuk meningkatkan konsentrasi belajar mahasantri di Pondok Pesantren Tarekat Idrisiyyah Tasik. Grand Theory yang dipakai dalam penelitian ini yaitu Bekam menurut Kasmui yang menjelaskan bahwa terapi bekam merupakan metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah yang terkontaminasi toksin atau oksidan dari dalam tubuh melalui permukaan kulit ari. Teori yang dipakai dalam variabel Konsentrasi Belajar ialah menurut Engkoswara dan Slameto. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan menerapkan data literatur dan data lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada delapan mahasantri sebagai subjek penelitian yang telah melakukan terapi bekam di Rumah Terapi Bekam Idrisiyyah dan satu orang terapis sekaligus guru di Pondok Pesantren Idrisiyyah Tasik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) Tingkat konsentrasi belajar mahasantri di Tarekat Idrisiyyah berada pada tingkat sedang dapat dilihat dari hasil wawancara bersama mahasantri Pondok Pesantren Tarekat Idrisiyyah (2) Proses pelaksanaan terapi bekam pada dahi menggunakan terapi bekam kering dilanjut dengan terapi bekam basah yang dilakukan saat munculnya gejala yang mengakibatkan menurunnya konsentrasi belajar, (3) Peran dari terapi bekam pada dahi yang dirasakan oleh kedelapan informan berdampak baik dapat dilihat dari perubahan positif yang ditunjukkan oleh informan sesuai dengan indikator konsentrasi belajar yang ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Terapi Bekam pada Dahi; Konsentrasi Belajar; Mahasantri
Subjects: Pharmacology and Therapeutics
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Rosa selviana
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:12
Last Modified: 18 Sep 2023 04:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77590

Actions (login required)

View Item View Item