Hubungan keterampilan membaca permulaan dengan kemampuan pemahaman membaca Literal siswa : Penelitian korelasi di kelas I C MIN 2 Kota Bandun

Nurfauziah, Astri (2023) Hubungan keterampilan membaca permulaan dengan kemampuan pemahaman membaca Literal siswa : Penelitian korelasi di kelas I C MIN 2 Kota Bandun. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)

Abstract

Keterampilan membaca merupakan keterampilan yang penting untuk dipelajari. Membaca berfungsi sebagai jembatan antara manusia dengan segala ilmu pengetahuan. Keterampilan membaca permulaan menuntut peserta didik untuk memahami isi dari sebuah bacaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan membaca permulaan dan kemampuan pemahaman membaca literal siswa serta untuk mengetahui hubungan antara keterampilan membaca permulaan dengan kemampuan pemahaman membaca literal siswa kelas I C di MIN 2 Kota Bandung. Adapun hipotesis penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara keterampilan membaca permulaan dengan kemampuan pemahaman membaca literal siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap 23 siswa. Adapun instrumen yang digunakan yaitu unjuk kerja keterampilan membaca permulaan dan tes pilihan ganda kemampuan pemahaman membaca literal. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah teknik korelasi bivariate yang diawali dengan uji normalitas untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak berdistribusi normal, selanjutnya uji korelasi untuk mengetahui terdapat hubungan atau tidak, dan diakhiri dengan menghitung koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca permulaan memiliki rata-rata sebesar 83,09 dan termasuk ke dalam kategori sangat baik. Sedangkan rata-rata kemampuan pemahaman membaca literal siswa memiliki rata-rata sebesar 85,65 dan termasuk ke dalam kategori sangat baik. Adapun hasil dari uji korelasi rank spearman diketahui r hitung = 0,635. Jika α = 5% dan N = 23, maka diperoleh r tabel = 0,396. Karena r hitung lebih besar dari r tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca permulaan dengan kemampuan pemahaman membaca literal siswa. Hasil perhitungan koefisien determinasi didapatkan hasil bahwa pengaruh keterampilan membaca permulaan terhadap kemampuan pemahaman membaca literal siswa yaitu sebesar 40,32%, dan 59,68% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Adapun faktor lain yang mempengaruhi yaitu lingkungan sekolah, siswa yang bersangkutan, keadaan kelas, minat serta faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Membaca permulaan; pemahaman membaca literal;
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Astri Nurfauziah
Date Deposited: 15 Sep 2023 05:29
Last Modified: 15 Sep 2023 05:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77618

Actions (login required)

View Item View Item