Konseling teman sebaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa broken home: Penelitian di Pusat Informasi Konseling Sebaya (PIK-R) SMAN 25 Bandung

Jannah, Lulu Fauzatul (2023) Konseling teman sebaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa broken home: Penelitian di Pusat Informasi Konseling Sebaya (PIK-R) SMAN 25 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak (2).pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar Isi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab 1.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
8_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kasus perceraian yang terus meningkat dari tahun ke tahun, hal ini menjadi perhatian serius karena berimplikasi pada meningkatnya angka anak yang hidup dalam kondisi broken home, yang secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi motivasi belajar anak-anak tersebut. Keluarga broken home memiliki dampak yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa, mengakibatkan penurunan semangat, minat, dan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini fokus pada penerapan Konseling Teman Sebaya sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa broken home melalui interaksi dan dukungan antar sesama teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi motivasi belajar pada siswa yang berasal dari keluarga broken home, serta menganalisis proses dan hasil dari layanan konseling teman sebaya yang diberikan kepada mereka terhadap peningkatan motivasi belajarnya. Penelitian ini juga bertujuan untuk menggali dampak positif dari layanan konseling teman sebaya terhadap siswa yang mengalami situasi broken home dengan fokus pada peningkatan semangat belajar, perubahan sikap, partisipasi dalam belajar dan perubahan prestasi akademik. Metode penelitian yang dipakai adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu menggambarkan secara sistematis, aktual dan faktual mengenai hasil penelitian ini, sementara teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi dan wawancara serta kemudian data didokumentasikan berupa catatan verbatim yaitu catatan lengkap dalam wawancara dan observasi tanpa ada penambahan atau pengurangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konseling teman sebaya dapat membantu siswa untuk menemukan semangat baru, meningkatkan motivasi belajar mereka serta memberikan manfaat yang positif bagi siswa-siswa broken home. Melalui konseling sebaya, siswa-siswa broken home ini dapat mengalami perubahan positif dalam berbagai aspek kehidupan mereka, sehingga membantu mereka mencapai potensi dan prestasi akademik yang lebih. Dukungan emosional dan arahan yang diberikan oleh konselor sebaya mampu membantu siswa-siswa ini merasa didengar, nyaman, dan mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan untuk menghadapi tantangan dalam hidup dan belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Teman Sebaya; Motivasi Belajar; Broken home
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Lulu Fauzatul
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:05
Last Modified: 15 Sep 2023 07:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77658

Actions (login required)

View Item View Item