Wacana Kesabaran dalam Film Pendek Legit Karya Komunitas Free Film Production: Analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk

Putri, Rabiah Al-adawiyah Arni Putri (2023) Wacana Kesabaran dalam Film Pendek Legit Karya Komunitas Free Film Production: Analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER RABIAH AL-ADAWIYAH ARNI PUTRI.pdf

Download (81kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK - RABIAH AL-ADAWIYAH ARNI PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI - RABIAH AL-ADAWIYAH ARNI PUTRI.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I - RABIAH AL-ADAWIYAH ARNI PUTRI.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II - RABIAH AL-ADAWIYAH ARNI PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III - RABIAH AL-ADAWIYAH ARNI PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV - RABIAH AL-ADAWIYAH ARNI PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA - RABIAH AL-ADAWIYAH ARNI PUTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Media adalah suatu alat yang dapat menjadi penghubung antara sumber dan penerima yang sifatnya terbuka, dimana orang dapat melihat, membaca, dan mendengarnya. Salah satu media modern dalam komunikasi massa adalah film. Film merupakan bentuk seni yang tengah mencuat menjadi fenomena di masyarakat saat ini. Adapun contoh film pendek adalah film yang ditayangkan dalam channel youtube KPI TV, dengan judul Legit.Pada dasarnya banyak film -film yang mengandung nilai positif. Tetapi film “Legit” dalam channel Youtube KPI TV memiliki nilai tersendiri hingga menarik untuk diteliti. Visual dan penyajian cerita yang ringan namun tersirat akan makna menjadi point tambahan dalam memilih film ini. Perumpamaan yang dijadikan sebuah filosofi dodol dalam film ini juga menjadi suatu nilai jual. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui wacana kesabaran dalam film pendek Legit dilihat dari level teks, konteks sosial, dan kognisi sosial. Pada penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk. Metode analisis wacana kritis yang bersifat kualitatif, sehingga menggunakan penafsiran peneliti terhadap teks. Teori yang dipakai peneliti dalam penelitian ini adalah teori wacana kritis Teun A. Van Dijk.Teori analisis wacana kritis yang dikembangkan oleh Teun A. Van Dijk adalah studi tentang struktur pesan yang terdapat dalam komunikasi. Satu kesatuan analisis itu sendiri terdiri atas level teks, konteks sosial, dan kognisi sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam analisis wacana kritis model Teun. A. Van Dijk pada film Legit, ada tiga elemen pembahasan yang menjadi inti dari penjelasan penelitian ini. Elemen tersebut terbagi atas pertama, dimensi teks, konteks sosial dan kognisi sosial. Dimensi teks membahas mengenai tiga struktur teks yaitu struktur makro (tematik), superstruktur (skematik), dan struktur mikro (semantik, sintaksis, stilistik, dan retoris). Dalam dimensi teks tersebut, hal-hal terkait struktur mengenai wacana kesabaran dalam cerita film Legit di bahas. Kedua, konteks sosial yang membahas produser dan tema festival menjadi pengaruhi konstruksi penulis dalam menyusun cerita pada film Legit. Ketiga, kognisi sosial yang melibatkan pemahaman bagaimana pikiran dan persepsi penulis dalam mempengaruhi produksi sebuah teks cerita. Hal ini dipengaruhi oleh peristiwa dan keresahan yang dilalui oleh penulis cerita film Legit terbuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Wacana; Kesabaran; Film Pendek Legit; Wacana Kritis
Subjects: Islam > Da'wah
Public Performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Putri Rabiah Al-adawiyah Arni
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:33
Last Modified: 15 Sep 2023 08:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77670

Actions (login required)

View Item View Item