Klaim kebenaran tentang Ucapan Selamat Hari Natal di media sosial : Studi komparatif pada akun Youtube Dakwah Adi Hidayat Official dan Gus Miftah Official

Salma, Alwi (2023) Klaim kebenaran tentang Ucapan Selamat Hari Natal di media sosial : Studi komparatif pada akun Youtube Dakwah Adi Hidayat Official dan Gus Miftah Official. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak (1).pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab 1.pdf

Download (800kB) | Preview
[img] Text
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy

Abstract

Problematika setiap tanggal 25 Desember di media sosial tersebar informasi polemik boleh atau tidaknya mengucapkan selamat hari natal. Ucapan selamat hari natal dikaitkan dengan isu toleransi antar umat agama. Media sosial sebagai jalan untuk menyampaikan gagasan menjadi cara efektif dalam menyebarkan infomasi hukum selamat natal, termasuk akun youtube Ustadz Adi Hidayat dan Gus Miftah. Berdasarkan uraian di atas, terdapat beberapa rumusan masalah yaitu Bagaimana sumber pemikiran Ustadz Adi Hidayat dan Gus Miftah tentang pengucapan selamat hari natal?. Bagaimana metodologi berpikir Ustadz Adi Hidayat dan Gus Miftah tentang pengucapan selamat hari natal?. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui sumber pemikiran Ustadz Adi Hidayat dan Gus Miftah tentang pengucapan selamat hari natal dan untuk mengetahui metodologi berpikir Ustadz Adi Hidayat dan Gus Miftah tentang pengucapan selamat hari natal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode komparatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi non partisipan dan dokumentasi. Didukung dengan teori kebenaran, sumber berpikir dan metode berpikir. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Pertama, sumber berpikir Ustadz Adi Hidayat dalam memandang persoalan ucapan selamat hari natal di media sosial yaitu Al-Qur’an, Hadits dan ijtihad (kaidah fiqhiyyah). Kebenaran yang dianut oleh beliau adaah teori religiusisme, yaitu kebenaran bersumber dari Tuhan melalui wahyu. Metode berpikir kritis dan komprehensif Ustadz Adi Hidayat, menguraikan persoalan hari natal berdasarkan berbagai perspektif bahasa, budaya, sosial dan hukum Islam. Kedua, sumber berpikir Gus Miftah dalam memandang persoalan ucapan selamat hari natal di media sosial yaitu pengalaman dan rasional. Kebenaran yang dianut oleh beliau adalah teori pragmatisme, yaitu kebenaran gagasan/ pernyataan dibatasi oleh referensi pada konsekuensi ilmiah, personal atau sosial. Metode berpikir logis dan praktis Gus Miftah menguraikan persoalan hari natal dengan memaparkan logika timbal balik kebaikan antar sesama umat beragama. Tujuan mengucapkan selamat hari natal untuk menghargai dan menghomati, termasuk pada ranah mu’amalah. Gus Miftah, mengedepankan kepentingan etis, dibadingkan legal formal (hukum Islam), selama tidak melanggar syariat Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Klaim Kebenaran; Media Sosial; Ucapan hari natal
Subjects: Religious Ethics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Usul Fikih
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Alwi Salma Alwi Salma
Date Deposited: 15 Sep 2023 06:15
Last Modified: 15 Sep 2023 06:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77675

Actions (login required)

View Item View Item