Strategi Public Relations dalam upaya meningkatkan citra positif Lembaga : Analisis deskriptif pada Humas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat

Gunawan, Indah Sulistiana (2023) Strategi Public Relations dalam upaya meningkatkan citra positif Lembaga : Analisis deskriptif pada Humas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)

Abstract

Citra positif sebuah instansi pemerintahan merupakan aset yang berharga dalam membangun kepercayaan dan hubungan baik dengan masyarakat. Di tengah dinamika komunikasi dan peran media sosial, Humas (Hubungan Masyarakat) memainkan peran krusial dalam membentuk persepsi publik terhadap lembaga tersebut. Hal ini dilakukan Humas Dispusipda Jabar dalam melakukan upaya meningkatkan citra positif instansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan humas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat dalam upaya meningkatkan citra positif lembaga melalui konsep Four Step Public Relations yang digagas oleh Cutlip, Center, dan Broom yang terdiri dari identifikasi masalah (defining public relations problem), perencanaan dan pemrograman (planning and programming), pelaksanaan dan pengkomunikasian (taking action and communicating), dan evaluasi program (evaluating the program). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan paradigma konstruktivistik dengan pendekatan kualitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi non partisipan, wawancara yang mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Humas Dispusipda Jabar telah melaksanakan banyak strategi dalam upaya meningkatkan citra positif lembaga selaras dengan empat tahap Public Relations yaitu tahap pertama, pendefinisian masalah yang dilakukan dengan analisis media online, koordinasi dalam mengumpulkan informasi, dan layanan pengaduan masyarakat. Tahap kedua merupakan tahap perencanaan dan pemrograman yang dilakukan dengan penyesuaian konten serta diskusi tim internal dan eksternal. Tahap ketiga merupakan tahap pelaksanaan dan pengkomunikasian yang dilakukan melalui pembuatan konten, serta pengunggahan konten. Tahap terakhir adalah tahap evaluasi yang dilakukan dengan monitoring media online, grafik pengunjung, dan evaluasi perbandingan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Humas; Citra; Lembaga
Subjects: Relationship of Libraries
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Indah Sulistiana Gunawan
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:59
Last Modified: 15 Sep 2023 07:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77676

Actions (login required)

View Item View Item