Bimbingan pranikah dalam upaya menambah wawasan Keluarga Sakinah: Penelitian di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung

Nurhasanah, Dini (2023) Bimbingan pranikah dalam upaya menambah wawasan Keluarga Sakinah: Penelitian di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan Pranikah demi mewujudkan keluarga sakinah ialah impian setiap pasangan, untuk mecapai hal tersebut tiap pasangan yang hendak menikah diharapkan memiliki bekal atau wawasan yang cukup agar tercipta keluarga yang sakinah. Proses bimbingan pranikah diharapkan dapat memberi panduan bukan hanya menjadi sebuah ritual semata yang pada akhirnya tidak memberikan manfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : program bimbingan pranikah, proses bimbingan pranikah, dan hasil bimbingan pranikah dalam upaya menambah wawasan keluarga sakinah di KUA Kecamatan Cilengkrang. Penelitian ini didasari bahwa konsep bimbingan pranikah merupakan proses pemberian bantuan oleh seorang pembimbing kepada calon pengantin agar dapat mengembangkan keterampilan dan pemahamannya dengan baik, membantu menjadi lebih dewasa secara emosional, serta membantu calon pengantin memahami perannya untuk membina hubungan yang sehat sehingga tercipta keluarga sakinah. Metode penelitian yang digunakan oleh dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dasar pemikiran menggunakan metode penelitian ini adalah karena penelitian bertujuan mengetahui proses layanan bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Cilengkrang secara apa adanya untuk mendapatkan data yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program bimbingan pranikah dilaksanakan bagi calon pengantin yang telah melengkapi pendaftaran pernikahan dan formulir bimbingan pranikah. Penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Cilengkrang berhasil memberikan pemahaman kepada calon pengantin, bisa dibuktikan dengan adanya wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti. Kesimpulannya, bimbingan pranikah dapat meningkatkan pemahaman diri dari masing-masing calon pengantin dalam berumah tangga serta membentuk keluarga sakinah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bimbingan pra nikah; keluarga sakinah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bimbingan Perkawinan BP4
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Dini Nurhasanah
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:19
Last Modified: 15 Sep 2023 07:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77677

Actions (login required)

View Item View Item