Retorika dakwah Habib Musthofa Alhabsyi pada Rutinan Nyengget Langit : Studi deskriptif pada rutinan Majelis Al Asyrof Desa Beji Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang

Khasanah, Nur Islakhul (2023) Retorika dakwah Habib Musthofa Alhabsyi pada Rutinan Nyengget Langit : Studi deskriptif pada rutinan Majelis Al Asyrof Desa Beji Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi (1).pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy

Abstract

Retorika dakwah merupakan ketrampilan menyampaikan ajaran Islam secara lisan kepada masyarakat agar pesan dakwah bisa diterima, dipahami oleh para jemaah, serta dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Retorika dakwah sangat penting bagi seorang mubaligh. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap retorika dakwah Habib Musthofa Alhabsyi pada rutinan Nyengget Langit. Fokus penelitian ini mencakup tiga aspek utama, yaitu metode penyampaian, gaya suara, dan gaya gerak tubuh Habib Musthofa Alhabsyi ketika melakukan dakwah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Public Speaking Stephen E. Lucas yang digunakan sebagai kerangka acuan untuk menganalisis temuan penelitian dengan cara yang objektif dan komprehensif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan paradigma konstruktivisme. Paradigma konstruktivisme digunakan karena peneliti ikut dalam mengamati proses dakwah secara langsung, yang memungkinkan peneliti untuk mengembangkan, membangun, dan merangkai retorika dakwah yang digunakan oleh Habib Musthofa Alhabsyi pada rutinan Nyengget Langit. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan langkah-langkah reduksi, penyajian, dan verifikasi, yang bertujuan untuk mendalami interpretasi peneliti terhadap fenomena yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, metode penyampaian dakwah Habib Musthofa Alhabsyi adalah secara spontan atau tanpa persiapan, Habib Musthofa tidak menyiapkan konsep apapun hanya menyampaikan sesuai dengan pengetahuan beliau secara langsung. Kedua, gaya suara Habib Musthofa Alhabsyi ketika berdakwah sangat memperhatikan volume, nada yang disesuaikan, artikulasi yang jelas, serta memiliki dialek yang khas. Ketiga, gaya gerak tubuh Habib Musthofa Alhabsyi ketika berdakwah mulai dari berpakaian yang sopan dan wangi, memiliki sikap yang santun dan takdzim, menunjukkan ekspresi wajah dan gerakan tangan sampai dengan kontak mata menghadap ke seluruh jemaah. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa Habib Musthofa Alhabsyi memiliki retorika dakwah yang baik dari segi penampilan di panggung serta penyampaiannya, sehingga pesan dakwah tersebut mudah diterima oleh para jemaah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Retorika Dakwah; Habib; Nyengget Langit
Subjects: Islam > Da'wah
Rhetoricand Collections of Literary
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nur Islakhul Khasanah
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:28
Last Modified: 18 Sep 2023 07:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77704

Actions (login required)

View Item View Item