Rohandi, Arliazmy Salsabil Juniar (2023) Penerapan model pembelajaran Real Engagement in Active Problem Solving (REAPS) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (902kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan pemecahan masalah menjadi salah satu keterampilan yang dituntut harus dilatihan kepada peserta didik di abad 21. Namun yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran REAPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran REAPS dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran REAPS pada materi usaha dan energi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 23 Garut dengan jumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran REAPS berlangsung dengan sangat baik dengan persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 95% dan peserta didik sebesar 89%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 46,94 dan nilai ttabel sebesar 2,042 (thitung > ttabel) dengan taraf signifikasi 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Real Engagement in Active Problem Solving (REAPS) dengan nilai N-gain sebesar 0,76 dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Real Engagement in Active Problem Solving (REAPS); keterampilan pemecahan masalah; usaha dan energi; |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Salsabil Arliazmy |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 00:47 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 00:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77716 |
Actions (login required)
View Item |