Pengalolaan Digital Public Relations Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat melalui Instagram @dpmdesajabar dalam Menyampaikan Informasi

Mulyaman, Addini Hanifah (2023) Pengalolaan Digital Public Relations Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat melalui Instagram @dpmdesajabar dalam Menyampaikan Informasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Dalam Menyampaikan Informasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat (Dpm-Desa) merupakan sebuah Lembaga yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat desa dan mempunyai tujuan membina desa. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sebagai penyelenggara kegiatan digital public relations terkait pengelolaan Instagram pada akun @dpmdesajabar yang mempunyai tujuan menyampaikan informasi sehingga dapat berkomunikasi dengan publik dan dapat membangun hubungan baik dengan masyarakat serta meningkatkan citra positif bagi lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan pengelolaan Instagram @dpmdesajabar yang dikelola oleh Humas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat, empat tahapan sesuai dengan yang digagas oleh Regina Luttrell yaitu The Circular Model of Some, mulai dari tahap share, tahap optimize, tahap manage dan tahap engage. Penelitian ini menggunakan The Circular Model of Some sebagai landasan untuk melakukan penelitian karena selaras dengan pengelolaan Instagram @dpmdesajabar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui Teknik observasi partisipatori pasif dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pengelolaan Instagram @dpmdesajabar yang dilakukan oleh Humas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat melalui empat tahapan. (1) share mulai dari latar belakang penggunaan media sosial instagram sebagai media penyampaian informasi, proses publikasi konten dan pengelolaan Instagram berdasarkan konten yang berkualitas tinggi untuk meningkatkan citra positif lembaga. (2) optimize dilakukan dengan pembuatan content plan, dan melakukan diskusi tim. (3) manage dilakukan melalui kegiatan media monitoring dan kegiatan evaluasi yang dilakukan rutin setaip bulan. (4) engage dengan melibatkan pihak eksternal dan menggunakan fitur Instagram untuk meningkatkan engagement. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa Humas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat sudah melakukan salah satu bentuk kegiatan praktisi humas melalui pengelolaan Instagram pada akun @dpmdesajabar sebagai media penyampaian informasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Instagram; Humas Pemerintah; Media Penyampaian Informasi;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Addini Hanifah Mulyaman
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:48
Last Modified: 18 Sep 2023 04:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77747

Actions (login required)

View Item View Item