Strategi Tabligh Ustadz Ramdan Jurniansyah di media sosial: Studi deskriptif tentang teknik produksi pada akun Youtube @Dakwah Wayang Official

Fitriani, Isna (2023) Strategi Tabligh Ustadz Ramdan Jurniansyah di media sosial: Studi deskriptif tentang teknik produksi pada akun Youtube @Dakwah Wayang Official. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy

Abstract

Youtube merupakan sebuah platform media sosial yang didalamnya menyajikan beberapa video dengan berbagai fitur yang dapat dijangkau oleh semua orang dimanapun dan kapanpun dengan menggunakan jaringan internet. Selain sebagai media hiburan, youtube juga berfungsi sebagai penyebaran informasi, dan siapapun bisa berkreasi melalui platform youtube. Begitupun dengan kegiatan tabligh, seorang mubaligh dapat menyampaikan pesan dakwah melalui sosial media seperti, youtube, instagram, facebook, dan tiktok. Sebagaimana yang dilakukan oleh Dakwah Wayang Official. Akun youtube tersebut menyajikan konten dakwah yang disampaikan oleh ustadz Ramdan Jurniansyah atau yang sering dipanggil ustadz Raju. Keunikan dalam konten tersebut yaitu menggunakan dua media sekaligus tradisional dan modern, serta konsep yang digunakan ialah dengan kolaborasi antara mubaligh dan wayang golek yang dimainkan oleh dalangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahapan pra produksi, proses produksi, dan pasca produksi dalam melakukan strategi tabligh pada akun youtube @Dakwah Wayang Official dengan menggunakan analisis deskriptif . Untuk menjawab hal tersebut maka dapat disimpulkan fokus penelitian pada penelitian ini terdapat 3 unsur. Pertama, bagaimana pra produksi ustadz Ramdan Jurniansyah pada akun youtube @Dakwah Wayang Official. Kedua, bagaimana proses produksi pada akun youtube @Dakwah Wayang Official. Ketiga, bagaimana pasca produksi pada akun youtube @Dakwah Wayang Official. Dalam penelitian ini menggunakan teori strategi Terry Gaol, yang mengungkapkan bahwa strategi merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pergerakan serta pengawasan yang memanfaatkan ilmu maupun seni untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dalam konteks pembuatan video strategi berdasarkan Standard Operasional Prosedur (SOP) ini dilakukan beberapa tahapan yakni pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Hal ini dimaksudkan peneliti akan mencoba menggali dan menggambarkan fakta-fakta yang ada mengenai bagaimana strategi ustadz Ramdan terhadap teknik produksi di media sosial youtube Dakwah Wayang Official. Berdasarkan hasil penelitian terkait ”Strategi Tabligh Ustadz Ramdan Jurniansyah di Media Sosial Youtube (Studi Deskriptif Tentang Teknik Produksi Pada Akun Youtube Dakwah Wayang Official)”, bahwa produksi konten youtube berdasarkan Standard Operation Procedur (SOP) menunjukan proses produksi sudah terlaksana dengan baik, akan tetapi ada beberapa standar operation procedure yang tidak terpenuhi, shingga berpengaruh pada keoptimalan kinerja dan penurunan kualitas produksi konten Dakwah Wayang Official.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi tabligh; Media Sosial; Teknik Produksi;
Subjects: Indonesia
Islam
Islam > Islam and Technology
Islam > Islam and Social Sciences
Islam > Da'wah
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Isna Fitriani
Date Deposited: 18 Sep 2023 01:14
Last Modified: 18 Sep 2023 01:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77758

Actions (login required)

View Item View Item