Pengelolaan Instagram Bandung Creative Hub dalam menginformasikan Tagline “Center for Creative Activities in Bandung : Studi analisis deskriptif pada akun Instagram @creativehub.bdg

Karim, Afifah Inayatul (2023) Pengelolaan Instagram Bandung Creative Hub dalam menginformasikan Tagline “Center for Creative Activities in Bandung : Studi analisis deskriptif pada akun Instagram @creativehub.bdg. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)

Abstract

Hadirnya teknologi digital berpengaruh secara langsung dalam kegiatan public relations. Kegiatan yang dilakukan oleh praktisi humas melalui media digital ini bertujuan untuk menjalin komunikasi dan sebagai media penyebaran informasi kepada publik. Bandung Creative Hub merupakan salah satu Padepokan Seni Kreativitas dan Kebudayaan (PSKK) di Kota Bandung yang menerapkan 17 subsektor ekonomi kreatif dan mengelola Instagram sebagai media informasi bahwa bangunan baru yang terdapat di Kota Bandung yaitu Bandung Creative Hub hadir sebagai pusat bagi wadah industri ekonomi kreatif dan bukan sekedar bangunan kosong di pinggiran salah satu jalan Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menguraikan, dan menjelaskan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh Tim Media Sosial BCH yang mengacu pada konsep The Circular Model of Some for Social Communication mulai dari tahapan share (membagikan), optimize (mengoptimalkan), manage (mengelola), dan engage (melibatkan)pada akun Instagram @creativehub.bdg. Penelitian ini berdasarkan paradigma konstruktivistik dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Guna menjawab dan mendeskripsikan tujuan penelitian, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data-data penelitian dengan teknik observasi dan wawancara mendalam agar menunjang dalam proses penelitian. Berdasarkan pada hasil penelitian bahwa Bandung Creative Hub menjalankan bentuk kegiatan public relations melalui pengelolaan Instagram @creativehub.bdg oleh Tim Media Sosial sebagai media informasi tagline “Center for Creative Activities in Bandung” dengan melalui empat tahapan. (1) share atau membagikan yang meliputi penggunaan Instagram sebagai platform utama dalam menginformasikan tagline, dan proses publikasi konten berdasarkan pada riset analisis oleh Tim Media Sosial BCH; (2) optimize atau mengoptimalkan yang meliputi pembuatan tim media sosial sebagai pengelola dan pengembang; (3) manage atau mengelola yang meliputi pembuatan content plan melalui proses brainstorming; dan (4) engage atau melibatkan dengan pemanfaatan maksimal dari fitur-fitur yang disediakan oleh Instagram.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Instagram; Bandung Creative Hub; Tagline
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Afifah Inayatul Karim
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:44
Last Modified: 18 Sep 2023 03:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77845

Actions (login required)

View Item View Item