Pengaruh sikap husnuzan terhadap kecemasan dalam menghadapi dunia kerja: Studi kasus pada siswa kelas XII jurusan Multimedia di SMK Nuurul Muttaqiin Cisurupan Garut

Hasanah, Siti Nurul (2023) Pengaruh sikap husnuzan terhadap kecemasan dalam menghadapi dunia kerja: Studi kasus pada siswa kelas XII jurusan Multimedia di SMK Nuurul Muttaqiin Cisurupan Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya fenomena di dunia kerja yang semakin kompetitif, tingkat pengangguran yang tinggi, dan persaingan yang ketat. Situasi ini berdampak pada kecemasan yang dialami oleh siswa tingkat akhir saat menghadapi dunia kerja setelah mereka lulus atau menyelesaikan pendidikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang tingkat sikap husnuzan dan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja pada siswa kelas XII jurusan Multimedia di SMK Nuurul Muttaqiin Cisurupan, Garut. Selain itu, penelitian ini juga berusaha untuk mengevaluasi pengaruh antara kedua variabel tersebut terhadap siswa kelas XII yang menjadi subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan tujuan untuk menginvestigasi sampel yang terkait melalui penggunaan angket atau kuesioner sebagai instrumen penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan membagikan angket secara dalam skala likert dengan jumlah sampel 65 responden. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis penelitian. Kemudian aplikasi pengolahan statistik dengan program SPSS 26.0 for windows untuk membantu mengolah data penelitian. Husnuzan dalam Islam adalah dasar utama untuk berpikir positif dan juga memiliki pengaruh terhadap perilaku yang positif. Dengan demikian, husnuzan dapat mengubah cara pandang seseorang dalam memberikan makna terhadap apa yang terjadi dalam kehidupannya. Di sisi lain, kecemasan mengahadapi dunia kerja sebagai suatu kondisi atau perasaan tidak nyaman seperti kekhawatiran, kegelisahan, atau ketakutan yang dirasakan terkait dengan kemampuan individu dalam meraih kesuksesan karir di masa depan. Hal ini membuat seseorang cenderung berpikiran negatif dan mengantisipasi adanya kegagalan di masa depan. Akibatnya, gejala-gejala baik secara fisik maupun emosional muncul sebagai dampak dari kecemasan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dunia Kerja; Husnuzan; Kecemasan; siswa kelas XII
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Physics
Philosophy and Theory of Literatures > Psychology of Literatures
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Siti Nurul Hasanah
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:45
Last Modified: 18 Sep 2023 06:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77869

Actions (login required)

View Item View Item