Strategi pendayagunaan zakat produktif dalam meningkatkan usaha mustahik: Studi deskriptif pada Lazismu Jawa Barat

Maeji, Redi (2023) Strategi pendayagunaan zakat produktif dalam meningkatkan usaha mustahik: Studi deskriptif pada Lazismu Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

LAZISMU merupakan Lembaga Amil Zakat tingkat nasional di bawah naungan Ormas MUHAMMADIYAH yang berkhidmat dalam pemberdayaan Masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat, infaq, wakaf dan dana dari pereseorangan, Lembaga dan instansi lainnya. LAZISMU memiliki budaya kerja yang Amanah, Profesional dan Transparan. LAZISMU memiliki program-program yang inovasi dan kreatif untuk menjawab tantangan dan perubahan social yang mampu menjangkau wilayah secara cepat dan tepat sasaran, kemudian LAZISMU juga telah tersebar hamper di seluruh Indonesia salah satunya di Jawa Barat dan Kantor Cabang di Kabupaten/Kota Jawa Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Proses pendayagunaan zakat,Kondisi usaha mustahik sebelum dan sesudah mendapatkan zakat serta mengetahui hasil dari pendayagunaan zakat produktif dalam meningkatkan usaha mustahik di LAZISMU Jawa Barat. Penelitian ini berdasarkan teori William F. Glueck dan Lawrence R. Jauch Strategi sebagai sebuah rencana yang menyeluruh, terintegrasi, dan holistik yang menghubungkan keunggulan strategis perusahaan dengan lingkungan yang dirancang untuk memastikan pencapaian tujuan utama perusahaan melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi. Metode yang digunkan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, serta dengan tiga tehnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, penulis dapat mengetahui bahwa pendayagunaan zakat produktif ini berfokus pada mustahik yang taraf ekonomi nya rendah dan mustahik yang sudah memiliki usaha yang hanya bisa menggunakan hasil dagangannya untuk menutupi hajatnya, namun belum dapat menutupi kehidupan lainnya. Pendayagunaan zakat produktif di LAZISMU Jawa Barat melalui program Ekonomi Pemberdayaan UMKM terdapat dua bentuk : (1) mekanisme pendayagunaan zakat produktif ini melihat dari kebutuhan dan keseuaian mustahik tersebut dengan melihat beberapat tahapan diantaranya : perencanaan dari mulai verikiasi data kemudian pelatihan mustahik, pelaksanaan untuk memulai usaha mustahik dan monitoring program. (2) dampak pendayagunaan zakat produktif melalui program ekonomi pemberdayaan UMKM dapat memberdayakan mustahik sehingga mengalami peningkatan baik secara materi yaitu dapat menutupi kehidupannya, maupun rohani yaitu dapat mensyukuri rizki yang telah Allah berikan kepada mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pendayagunaan; Zakat Produktif; Pemberdayaan UMKM LAZISMU Jawa Barat
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Redi Maeji Maeji
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:01
Last Modified: 18 Sep 2023 04:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77892

Actions (login required)

View Item View Item