Giffari, Muhammad Farhan (2023) Pengelolaan Digital Public Relations melalui media sosial Instagram @infobnn_prov_jabar : Studi deskriptif pada Humas BNN Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2-ABSTRAK.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFAR ISI.pdf Download (558kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (611kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (925kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_ DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
Abstract
Humas BNN Provinsi Jawa Barat mengelola akun Instagram @infobnn_prov_jabar sebagai salah satu upaya pelaksanaan digital public relations. kegiatan pengelolaan media sosial ini dilakukan sebagai upaya mengadaptasi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan BNN Provinsi Jawa Barat sebagai lembaga dalam kegiatan diseminasi informasi kepada publiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses digital public relations melalui pengelolaan akun Instagram @infobnn_prov_jabar yang dilaksanakan melalui tahapan pada model The Circular Model of Some yang digagas oleh Regina Luttrel. Model ini terdiri dari empat tahapan yaitu, share (membagikan), optimize (mengoptimalkan), manage (mengelola) dan engage (melibatkan). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivistik dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan teknik pengambilan data melalui observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa proses pengelolaan akun Instagram @infobnn_prov_jabar yang dilakukan Humas BNN Provinsi Jawa Barat telah dilaksanakan melalui tahapan pada The Circular Model of Some yang terdiri dari empat tahapan sebagai berikut: Pertama, tahapan Share. Tahapan Share dilakukan melalui proses penentuan target sasaran, identifikasi channel dan diseminasi informasi melalui konten. Kedua, tahapan Optimaze, tahapan Optimaze dilakukan melaui proses kolaborasi dengan akun BNN RI dan BNNK, kolaborasi dengan influencer dan mengikuti perkembangan tren media sosial. Ketiga, tahapan Manage, tahapan Manage dilakukan melaui proses respon cepat, monitoring dan evaluasi. Keempat, tahapan Engage. tahapan Engage yang dilakukan melaui proses membangun percakapan dengan publik dan mengadakan kegiatan bersama dengan publik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital public relations; Diseminasi Informasi; Instagram; |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Muhammad Farhan Giffari |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 04:33 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 04:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77903 |
Actions (login required)
View Item |