Pengembangan kepemimpinan transformatif Kepala Madrasah Aliyah Negeri : Penelitian di Man 1 Dan Man 2 Kabupaten Bandung

Hasanah, N. Dewi (2023) Pengembangan kepemimpinan transformatif Kepala Madrasah Aliyah Negeri : Penelitian di Man 1 Dan Man 2 Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya memiliki seorang pemimpin yang memiliki kemampuan untuk menghadapi masalah, menunjukkan kecenderungan untuk berinovasi, dan menunjukkan kemauan yang teguh untuk menyelenggarakan peningkatan kualitas pendidikan yang sejalan dengan perkembangan jaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses penelitian intensif berlangsung selama hampir enam bulan dengan dengan melibatkan kepala madrasah, waka kurikulum, guru-guru, dan siswa. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh idealisme kepemimpinan kepala madrasah dijalankan membangkitkan komitmen secara kekeluargaan, menjadi teladan yang baik dan menanamkan kedisiplinan melalui pembiasaan. Motivasi inspiratif kepemimpinan kepala madrasah dilaksanakan dengan menjaga hubungan yang harmonis, memberi kebebasan dalam berkreasi. Stimulus Intelektual kepemimpinan kepala madrasah terbuka dan menampung semua kritik dan saran bawahan dan dalam mengambil kebijakan dilakukan dengan musyawarah. Kesadaran individu kepemimpinan kepala madrasah dilakukan dengan memberikan empati yang tinggi terhadap kebutuhan guru, dan memberikan penghargaan atau apresiasi bagi guru yang berprestasi. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu: 1. Idealized Influence (pengaruh idealis) kepemimpinan kepala MAN 1 dan MAN 2 Bandung diterapkan melalui pola strategi memimpin dengan kekeluargaan menerapkan pola komitmen bersama dan memberikan teladan bagi para guru, dan memberikan kebebasan berkreasi dan berinovasi disesuaikan dengan kondisi abad-21. 2. Inspiration motivation dalam kepemimpinan transformatif yang ditunjukkan di MAN 1 dan MAN 2 Bandung menitikberatkan pada pembentukan akhlakul karimah bagi seluruh warga sekolah yang disampaikan secara berwibawa melalui komunikasi verbal dan non-verbal (sosial media). 3. Intellectual Stimulation yang ditunjukkan oleh kepala madrasah di MAN 1 dan MAN 2 Bandung bersifat konstruktif dan terbuka. 4. Reward diberikan bagi guru yang bersemangat, kreatif dan inovatif. Sementara punishment diberikan kepada guru yang kurang disiplin.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Transformatif; Kepala Madrasah
Subjects: Islam > Islamic Leaders
Customs of People > Organization and Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: N. Dewi Hasanah
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:01
Last Modified: 18 Sep 2023 07:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77904

Actions (login required)

View Item View Item