Implementasi kegiatan Corporate Social Responsibility pada Program Kemitraan (PK) dalam upaya penyusunan tanggung jawab perusahaan

Utami, Trimelda Melliatina Juanda (2023) Implementasi kegiatan Corporate Social Responsibility pada Program Kemitraan (PK) dalam upaya penyusunan tanggung jawab perusahaan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DaftarIsi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text
8_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Corporate Social Responsibility (CSR) telah menjadi fokus utama bagi perusahaan dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan hubungan positif dengan berbagai pemangku kepentingan. Salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh PT. PLN (Persero) UID Jawa Barat ini adalah Program Kemitraan dimana PLN memberikan bantuannya kepada pengusaha atau UMKM yang didalamnya memberdayakan masyarakat untuk dipekerjakan. Tujuan dari Program Kemitraan ini adalah agar menjadikan masyarakat yang mandiri serta meningkatkan taraf kesejahteraan ekonomi di masyarakat. Penelitian ini memiliki empat tujuan utama. Pertama, untuk mengidentifikasi langkah-langkah dalam menentukan masalah yang dihadapi. Kedua, untuk memahami tahapan dalam proses perencanaan. Ketiga, untuk menggambarkan langkah-langkah implementasi yang diterapkan dalam pelaksanaan Program Kemitraan Keempat, untuk mengungkapkan proses evaluasi yang dilakukan oleh Tim CSR atau TJSL dalam mengukur efektivitas program tersebut. Penelitian ini mengacu pada konsep Four Steps Public Relations yang dikemukakan oleh Cutlip, Center dan Broom yang di dalamnya terdiri dari identifikasi masalah, perencanaan dan pemrograman, melakukan implementasi dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam secara langsung bersama Tim CSR atau TJSL dan observasi secara langsung kepada informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. PLN (Persero) UID Jawa Barat dalam implementasi kegiatan Corporate Social Reponsibility telah menerapkan Program Kemitraan dengan menggunakan empat tahapan yang sejalan dengan konsep Four Steps Public Relations yang dikemukakan oleh Cutlip, Center dan Broom. Empat tahap yang dilakukan oleh Tim CSR atau TJSL PLN ini didalamnya melalui langkah-langkah seperti analisis fenomena, menetukan SOP, seleksi penerima bantuan, pencairan dana dan juga sampai tahap monitoring pada Program kmeitraan yang telah dijalankan oleh Tim CSR PT.PLN Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya bantuan yang diberikan oleh PLN bahwa kesejahteraan masyarakat meningkat, nama perusahaan jadi terangkat dan menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap PLN menjadi sebuah citra positif bagi perusahaan. ENGLISH : Corporate Social Responsibility (CSR) has become a major focus for companies in supporting sustainable development and positive relationships with various stakeholders. One of the Corporate Social Responsibility activities carried out by PT PLN (Persero) UID West Java is the Partnership Program where PLN provides assistance to entrepreneurs or UMKM which empower the community to be employed. The purpose of this Partnership Program is to make the community independent and improve the level of economic welfare in the community. This research has four main objectives. First, to identify the steps in determining the problem at hand. Second, to understand the stages in the planning process. Third, to describe the implementation steps applied in the implementation of the Partnership Program Fourth, to reveal the evaluation process carried out by the CSR or TJSL Team in measuring the effectiveness of the program. This research refers to the Four Steps Public Relations concept proposed by Cutlip, Center and Broom, which consists of identifying problems, planning and programming, implementing and evaluating. This research uses a constructivist paradigm with a qualitative approach with data collection techniques, namely direct in-depth interviews with the CSR or TJSL Team and direct observation of informants. The results showed that PT PLN (Persero) UID West Java in implementing Corporate Social Responsibility activities has implemented a Partnership Program using four stages in line with the concept of Four Steps Public Relations proposed by Cutlip, Center and Broom. The four stages carried out by the PLN CSR or TJSL Team include steps such as analyzing phenomena, determining SOP, selecting beneficiaries, disbursing funds and also up to the monitoring stage of the Partnership Program that has been carried out by the CSR Team of PT PLN. The results of this study indicate that with the assistance provided by PLN that the welfare of the community increases, the company's name is lifted and shows an increase in public trust in PLN into a positive image for the company.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Corporate Social Responsibility; Program Kemitraan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Social Process
Administration of Economy > Administration of Communications
Process of Written Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Trimelda Melliatina Juanda Utami
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:05
Last Modified: 18 Sep 2023 04:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77942

Actions (login required)

View Item View Item