Analisis budaya konsumtif terhadap penggunaan fitur Flash Sale pada aplikasi Tokopedia

Salim, Nur (2023) Analisis budaya konsumtif terhadap penggunaan fitur Flash Sale pada aplikasi Tokopedia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB 1.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kecenderungan para mahasiswa/i dilingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pola pembelajaran di UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang gemar menggunakan fitru flash sale pada aplikasi Tokopedia. Tanpa disadari lambat laun kecenderungan ini menimbulkan fenomena budaya konsumtif pada mahasiswa/i khususnya dilingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Terlebih lagi, budaya konsumtif itu hadir akibat adanya pengaruh simulakra yang menjadikan mahasiswa/i tidak lagi dapat membedakan mana kenyataan yang asli dan yang semu. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan mahasiswa/i di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung terhadap aplikasi Tokopedia. Dan juga untuk mengetahui kecenderungan yang terjadi terhadap penggunaan fitur flash sale dikalangan mahasiswa/i di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Serta untuk dapat menelaah dampak positif dan negatif agar terciptanya sebuah solusi untuk memaksimalkan dampak positif dan menekan sebesar-besarnya dampak negatif akibat pengaruh budaya konsumtif yang dipengaruhi oleh aplikasi Tokopedia. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada Teori Simulakra dari Jean Baudrillard. Jean Baudrillard mengungkapkan bahwa sebuah budaya konsumtif hadir daripada dorongan dari luar individu untuk mengkonsumsi sesuatu sehingga menjadikan kenyataan dan yang palsu menjadi bias. Oleh karena itu peneliti menggunakan teori ini yang untuk dapat menganalisisa dan melihat bentuk budaya konsumtif yang hadir daripada penggunaan fitur flash sale dikalangan mahasiswa/i dilingkungan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik khususnya ditahun angkatan 2019 - 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk memberikan suatu gambaran mengenai budaya konsumtif yang terdapat dilingkungan mahasiswa/i Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada angkatan 2019 – 2021. Sumber data ini diawali dengan observasi terhadap fenomena yang terjadi, kemudian wawancara dengan beberapa mahasiswa/i dilingkungan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik tahun angkatan 2019 – 2021, dan dokumentasi. Kemudian sumber data lainnya dilanjutkan melalui buku dan jurnal yang berkaitan dengan topik bahasan yang peneliti lakukan. Penelitian ini menggunakan 3 Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan pada Teknik Analisis Data yang digunakan dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil daripada penelitian ini yaitu terdapat budaya konsumtif dikalangan mahasiswa/i yang dipengaruhi oleh globalisasi berupa gaya hidup modern akibat dari adanya kemajuan kapitalisme melalui fitur flash sale pada aplikasi belanja online Tokopedia. Selain itu hasil daripada adanya penelitian ini juga menunjukkan bahwa mahasiwa/i terjebak didalam simulakra yang secara tidak langsung tercipta akibat adanya budaya konsumtif sehingga mahasiswa/i tidak lagi dapat membedakan suatu kenyataan asli dan semu yang termanifestasikan dalam fitur flash sale pada aplikasi Tokopedia khususnya pada mahasiswa/i tahun angkatan 2019 – 2021 sehingga dampak yang ditimbulkan akibat hal tersebut adalah dorongan untuk terus melakukan aktivitas berbelanja guna memenuhi kemauan diri dan bukan berbelanja guna untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Flash Sale; Gaya Hidup; Globalisasi; Konsumtif; Kapitalisme; Mahasiswa; Tokopedia
Subjects: Ethics of Consumption
Sociology and Anthropology, Society
Higher Education, Universities > Faculty
Commerce, Trade
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nur Salim
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:20
Last Modified: 18 Sep 2023 06:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78032

Actions (login required)

View Item View Item