Fitri, Annisa Nurul (2023) Pengaruh audio murottal Al-Quran untuk mengatasi kecemasan siswa dalam menghadapi uji kompetensi keahlian di SMK Al-Farisi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
3_Daftar Isi.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
4_BAB I.pdf Download (263kB) | Preview |
|
Text
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
||
Text
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
||
Text
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text
9_Daftar Pustaka-1.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya kekhawatiran dan kegelisahan di kalangan siswa kelas XII SMK Al-Farisi yang akan menghadapi Uji Kompetensi Keahlian. Tingkat kecemasan yang tinggi pada siswa dapat berdampak pada kinerja otak, daya ingat, konsentrasi, kemampuan berpikir kritis, dan kreativitas dalam proses belajar. Selain itu, keadaan emosional yang ditandai oleh efek negatif dan gejala fisik yang menegangkan dapat menghambat kelancaran pelaksanaan ujian. Penggunaan Audio Murotal Al-Qur’an dipercaya dapat membantu mengurangi tingkat depresi, stres, dan memberikan ketenangan jiwa bagi para siswa yang mendengarkannya. Didalam penelitian, pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kuantitati, atau penelitian ilmiah dengan metode Pre-Experimental design, yang merupakan bentuk onegroup pretest-posttest design. Terdapat uji paired t-test yang terlihat bahwa nilai p-value sebesar 0,000, dan nilai skorr rata-rata pretest ialah 154,13 dengan deviasi standar 11,634, sedangkan skorr rata-rata posttest ialah 157,50 dengan deviasi standar 11,711. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan, para responden menunjukkan skor yang sedikit lebih tinggi pada tes setelah intervensi (posttest) dibandingkan dengan sebelum intervensi (pretest). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terapi audio murottal Al-Qur’an mendapatkan dampak yang signifikansi didalam mengatasi cemas pada siswa tingkat akhir di SMK Al-Farisi. Para siswa yang mendengarkan terapi audio murottal Al-Qur’an mengalami peningkatan tingkat kesejahteraan emosional dan merasa lebih tenang setelah mendengarkan terapi audio ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan; terapi audio murottal Al-Qur’an. |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Annisa Nurul Fitri |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 07:04 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 07:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78077 |
Actions (login required)
View Item |