Pengaruh audio murottal Al-Quran untuk mengatasi kecemasan siswa dalam menghadapi uji kompetensi keahlian di SMK Al-Farisi

Fitri, Annisa Nurul (2023) Pengaruh audio murottal Al-Quran untuk mengatasi kecemasan siswa dalam menghadapi uji kompetensi keahlian di SMK Al-Farisi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar Isi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
9_Daftar Pustaka-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya kekhawatiran dan kegelisahan di kalangan siswa kelas XII SMK Al-Farisi yang akan menghadapi Uji Kompetensi Keahlian. Tingkat kecemasan yang tinggi pada siswa dapat berdampak pada kinerja otak, daya ingat, konsentrasi, kemampuan berpikir kritis, dan kreativitas dalam proses belajar. Selain itu, keadaan emosional yang ditandai oleh efek negatif dan gejala fisik yang menegangkan dapat menghambat kelancaran pelaksanaan ujian. Penggunaan Audio Murotal Al-Qur’an dipercaya dapat membantu mengurangi tingkat depresi, stres, dan memberikan ketenangan jiwa bagi para siswa yang mendengarkannya. Didalam penelitian, pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kuantitati, atau penelitian ilmiah dengan metode Pre-Experimental design, yang merupakan bentuk onegroup pretest-posttest design. Terdapat uji paired t-test yang terlihat bahwa nilai p-value sebesar 0,000, dan nilai skorr rata-rata pretest ialah 154,13 dengan deviasi standar 11,634, sedangkan skorr rata-rata posttest ialah 157,50 dengan deviasi standar 11,711. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan, para responden menunjukkan skor yang sedikit lebih tinggi pada tes setelah intervensi (posttest) dibandingkan dengan sebelum intervensi (pretest). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terapi audio murottal Al-Qur’an mendapatkan dampak yang signifikansi didalam mengatasi cemas pada siswa tingkat akhir di SMK Al-Farisi. Para siswa yang mendengarkan terapi audio murottal Al-Qur’an mengalami peningkatan tingkat kesejahteraan emosional dan merasa lebih tenang setelah mendengarkan terapi audio ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan; terapi audio murottal Al-Qur’an.
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Annisa Nurul Fitri
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:04
Last Modified: 18 Sep 2023 07:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78077

Actions (login required)

View Item View Item