Muhammad, Zami (2023) Wacana dakwah di media sosial yayasan masjid Nusantara: Analisis wacana Teun A. Van Dijk pada akun Instagram @masjidnunsatara. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (331kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (995kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
Abstract
Media sosial adalah tempat dimana setiap orang dapat berbagi informasi secara online. Media Sosial Instagran memungkinkan penggunanya mengunggah foto dan video. Instagram berperan penting dalam menyampaikan informasi kepada khalayak. Sehingga banyak pengguna berdakwah melalui Instagram. Salah satunya yaitu akun @masjidnusantara yang menjadikan Instagram sebagai sarana dakwah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui; (1) dimensi teks dalam konten dakwah akun Instagram @masjidnusantara; (2) kognisi sosial dalam konten dakwah akun Instagram @masjidnusantara; dan (3) konteks sosial pada akun Instagram @masjidnusantara. Teori yang digunakan adalah teori wacana model Teun A. Van Dijk (1985). Terdiri dari tiga elemen yaitu dimensi teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Dimensi teks memiliki tiga komponen yaitu: (1) Struktur makro, (makna global); (2) Superstruktur, (kerangka); dan (3) Struktur mikro, (makna lokal). Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis wacana dengan pendekatan Kualitatif. Paradigma yang digunakan adalah interpretif, yang memandang bahwa realitas muwemiliki banyak sisi, sehingga dapat dikaji dari berbagai sudut pandang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan untuk menggali kontsruksi wacana dakwah yang terdapat dalam akun Instagram @masjidnusantara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana dakwah dari Yayasan Masjid Nusantara melalui akun Instagram @masjidnusantara meliputi dimensi teks yaitu: (1) Tema sedekah sebagai pola struktur makro pada dimensi teks wacana dakwah, makna global dari setiap konten dakwah yang dapat dilihat melalui judul; (2) Caption Instagram sebagai pola superstruktur pada dimensi teks wacana dakwah, kerangka konten dakwah yang memanfaatkan fitur caption sebagai penjelas dari setiap postingan; dan (3) Instagram stories sebagai struktur mikro pada dimensi teks wacana dakwah, terdapat maksud tertentu dalam postingan Instagram stories. Pada kognisi sosial ditemukan bahwa kesejahteraan lingkungan masjid pelosok sebagai pengaruh dalam penyusunan kognisi sosial wacana dakwah. Pada konteks sosial ditemukan bahwa konten viral melatarbelakangi konteks sosial wacana dakwah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Wacana; dakwah; instagram; Masjid Nusantara |
Subjects: | Communications Telemunications > Wireless Communications Computer Arts, Digital Arts |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Zami Muhammad |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 04:02 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 08:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78148 |
Actions (login required)
View Item |