Wacana dakwah di media sosial yayasan masjid Nusantara: Analisis wacana Teun A. Van Dijk pada akun Instagram @masjidnunsatara

Muhammad, Zami (2023) Wacana dakwah di media sosial yayasan masjid Nusantara: Analisis wacana Teun A. Van Dijk pada akun Instagram @masjidnunsatara. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy

Abstract

Media sosial adalah tempat dimana setiap orang dapat berbagi informasi secara online. Media Sosial Instagran memungkinkan penggunanya mengunggah foto dan video. Instagram berperan penting dalam menyampaikan informasi kepada khalayak. Sehingga banyak pengguna berdakwah melalui Instagram. Salah satunya yaitu akun @masjidnusantara yang menjadikan Instagram sebagai sarana dakwah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui; (1) dimensi teks dalam konten dakwah akun Instagram @masjidnusantara; (2) kognisi sosial dalam konten dakwah akun Instagram @masjidnusantara; dan (3) konteks sosial pada akun Instagram @masjidnusantara. Teori yang digunakan adalah teori wacana model Teun A. Van Dijk (1985). Terdiri dari tiga elemen yaitu dimensi teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Dimensi teks memiliki tiga komponen yaitu: (1) Struktur makro, (makna global); (2) Superstruktur, (kerangka); dan (3) Struktur mikro, (makna lokal). Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis wacana dengan pendekatan Kualitatif. Paradigma yang digunakan adalah interpretif, yang memandang bahwa realitas muwemiliki banyak sisi, sehingga dapat dikaji dari berbagai sudut pandang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan untuk menggali kontsruksi wacana dakwah yang terdapat dalam akun Instagram @masjidnusantara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana dakwah dari Yayasan Masjid Nusantara melalui akun Instagram @masjidnusantara meliputi dimensi teks yaitu: (1) Tema sedekah sebagai pola struktur makro pada dimensi teks wacana dakwah, makna global dari setiap konten dakwah yang dapat dilihat melalui judul; (2) Caption Instagram sebagai pola superstruktur pada dimensi teks wacana dakwah, kerangka konten dakwah yang memanfaatkan fitur caption sebagai penjelas dari setiap postingan; dan (3) Instagram stories sebagai struktur mikro pada dimensi teks wacana dakwah, terdapat maksud tertentu dalam postingan Instagram stories. Pada kognisi sosial ditemukan bahwa kesejahteraan lingkungan masjid pelosok sebagai pengaruh dalam penyusunan kognisi sosial wacana dakwah. Pada konteks sosial ditemukan bahwa konten viral melatarbelakangi konteks sosial wacana dakwah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Wacana; dakwah; instagram; Masjid Nusantara
Subjects: Communications Telemunications > Wireless Communications
Computer Arts, Digital Arts
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zami Muhammad
Date Deposited: 19 Sep 2023 04:02
Last Modified: 04 Oct 2023 08:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78148

Actions (login required)

View Item View Item