Penerapan E-Learning berbasis Schoology untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi pemanasan global

Nurfadilah, Siti (2023) Penerapan E-Learning berbasis Schoology untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi pemanasan global. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)

Abstract

Perkembangan sains dan teknologi dilihat juga dari pendidikan sumber daya manusia yang dapat menghubungkan antara sains dan teknologi. Kemampuan tersebut terintegrasi pada literasi sains. Seiring perkembangan teknologi, kemampuan literasi sains dapat ditingkatkan melalui berbagai media, salah satunya e-learning berbasis schoology. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan literasi sains, dan perbedaan peningkatan literasi sains antara pembelajaran dengan menggunakan e-learning berbasis schoology dan tidak menggunakan e-learning berbasis schoology. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode quasi-experimental, desain penelitian non-equivalent control group design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Cikarang Utara dengan populasi kelas XI MIPA, dan sampel penelitian kelas XI MIPA 1 terdiri dari 35 orang dan XI MIPA 2 terdiri 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan validasi materi oleh ahli sebesar 72,25 kategori layak dan praktisi pembelajaran 96,25 dengan kategori sangat layak, keterlaksanaan pembelajaran sebesar 80,4% kategori efektif, peningkatan n-gain dari pretest dan posttest sebesar 0,56 kelas eksperimen dan 0,47 kelas kontrol kategori sedang. Adapun hasil uji hipotesis dengan uji-t Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan literasi sains antara pembelajaran dengan menggunakan e-learning berbasis schoology dan tidak menggunakan e-learning berbasis schoology.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: e-learning berbasis schoology; literasi sains; pemanasan global;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Siti Nurfadilah
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:16
Last Modified: 19 Sep 2023 01:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78149

Actions (login required)

View Item View Item