Ainiyah, Inayah Nur (2023) Pengembangan strategi pelayanan publik di Desa Wangisagara Kecamatan Majalaya. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Program Studi Administrasi Publik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (Unpublished)
|
Text
1_cover.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab2.pdf Download (213kB) | Preview |
|
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
||
Text
7-bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan publik merupakan hal yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Dalam masyarakat desa, terdapat tantangan dalam penyediaan pelayanan publik yang efektif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Masalah ini sering kali disebabkan oleh kurangnya strategi pengembangan pelayanan publik yang baik. Pemerintah desa perlu memiliki pendekatan inovatif untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas layanan kepada warga. Di setiap desa sudah tentu memiliki Kantor Desa nya masing-masing guna untuk memberikan pelayanan publik kepada warganya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelayanan didesa Wangisagara dengan memanfaatkan teknologi yang ada, dilihat dari statusnya yang sudah masuk kedalam kategori desa Mandiri. Kajian dari topik penelitian ini dari turunan ilmu Administrasi publik yaitu Pelayanan publik yang diambil untuk strategi pelayanan Osborne dan plastrik (2001), dengan indikator Strategi pengembangan struktur, Strategi pengembangan atau penyederhanaan sistem, Strategi pengembangan infrastruktur, Strategi pengembangan budaya atau kultur dan Strategi pengembangan kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan data yang dikumpulkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analis data yang digunakan diantaranya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan Strategi pengembangan struktur, pelayanan didesa Wangisagara sudah sesuai dengan SOP, dan kode etik yang berlaku, serta dilakukan dengan arahan yang telah direncanakan pada RPJM. Strategi pengembangan atau penyederhanaan system pelayanan di desa wangisagra ini sudah dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang seharusnya, meski masih terdapat beberapa pelayanan yang dilakukan secara manual. Strategi Pengembangan Infrastruktur Desa Wangisagra untuk infrastrukturnya yang ada sudah memadai dan memanfaatkan teknologi yang ada dengan sebaik-baiknya, pelayanan yang dilakukan sudah cepat, efektif dan efisien meski masih sering terjadi beberapa kendala. Strategi pengembangan budaya dan Kultur desa Wangisagra terus mengembangkan potensi yang ada selain itu adanya absensi setiap harinya memantau sejauh mana tanggung jawab yang dilakukan oleh seluruh pegawainya, adanya monitoring dan evaluasi yang dilakukan secara rutin dapat memantau sejauh mana pelayanan yang telah diberikan kepada masyarat. Strategi pengembangan Kewirausahaan masih dalam proses pelatihan dan pembinaan karena masih kurangnya informasi pembinaan dan pelatihan dari pihak pusatnya.akan tetapi berproses untuk terus mengembangkan potensi yang ada.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pengembangan; Pelayanan publik; Desa; |
Subjects: | Public Administration > Public Administration in Specific Localities Public Administration > Public Administration in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Inayah Nur Ainiyah |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 01:14 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 01:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78173 |
Actions (login required)
View Item |