Tanggapan peserta didik terhadap penerapan Metode Al-Fath hubungannya dengan kualitas hafalan Al-Qur'an: Penelitian pada peserta didik kelas 5 di SD Ar Rafi' Bandung

Rasyad, Muhamad Hilmi (2023) Tanggapan peserta didik terhadap penerapan Metode Al-Fath hubungannya dengan kualitas hafalan Al-Qur'an: Penelitian pada peserta didik kelas 5 di SD Ar Rafi' Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya peserta didik yang kurang lancar dalam hafalan dan kurang fasih dalam pelafalan. Oleh karena itu, sebagai salah satu solusi yang dilakukan oleh Yayasan Ar Rafi’, untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an maka diterapkanlah metode Al-Fath sejak tahun 2019. Namun dalam pelaksanaannya, penerapan metode Al-Fath terfokus pada aspek menghafal Al-Qur’an beserta memahami makna ayat per ayat dari Al-Qur’an. Sementara aspek kualitas hafalan seperti kaidah tajwid, kelancaran menghafal, serta kefasihan masih dirasa belum optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tanggapan peserta didik terhadap penerapan metode Al-Fath di kelas 5 SD Ar Rafi’ Bandung. 2) Realitas kualitas hafalan Al-Qur’an peserta didik di kelas 5 SD Ar Rafi’ Bandung. 3) Sejauhmana hubungan tanggapan peserta didik terhadap penerapan metode Al-Fath dengan kualitas hafalan Al-Qur’an di kelas 5 SD Ar Rafi’ Bandung. Metode dapat diartikan sebagai suatu cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan (Departemen Pendidikan Nasional, 2003). Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin positif tanggapan peserta didik terhadap metode Al-Fath maka akan semakin meningkat pula kualitas hafalan Al-Qur’an, begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Sumber data primer adalah peserta didik kelas 5 SD Ar Rafi’ Bandung dengan sampel 30 peserta orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: angket, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: analisis parsial, uji normalitas data, uji linear regresi, uji hipotesis, uji korelasi, uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tanggapan Peserta Didik terhadap penerapan Metode Al-Fath berkategori positif dikarenakan skor yang diperoleh sebesar 3,81. 2) Realitas kualitas hafalan peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an termasuk berkategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 83,36. 3) Hubungan antara tanggapan peserta didik terhadap penerapan metode Al-Fath dengan kualitas hafalan Al-Qur’an berkategori korelasi cukup dengan nilai korelasi sebesar 0,38 yang berada pada interval 0,25 – 0,5. Pengaruh variabel X dan variabel Y sebesar 14,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung 2,18 > ttabel 2,04 maka dapat disimpulkan ha diterima artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara tanggapan peserta didik terhadap penerapan metode Al-Fath dengan kualitas hafalan Al-Qur’an di kelas 5 SD Ar Rafi’ Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Al-Fath; Kualitas Hafalan Al-Qur’an
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hilmi Rasyad
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:22
Last Modified: 25 Sep 2023 01:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78194

Actions (login required)

View Item View Item