Kampanye Public Relations dalam bayar pajak kendaraan bermotor melalui Instagram @bapenda.jabar : Studi deskriptif kualitatif pada Instagram @bapenda.jabar

Yahya, Nizar Tsani (2023) Kampanye Public Relations dalam bayar pajak kendaraan bermotor melalui Instagram @bapenda.jabar : Studi deskriptif kualitatif pada Instagram @bapenda.jabar. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (964kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (817kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)

Abstract

Kampanye Public Relations merupakan sebuah aktivitas komunikasi terencana yang biasanya dilakukan sekelompok orang dengan tujuan merubah cara berpikir serta merubah sikap masyarakat secara persuasif untuk mencapai tujuan dari kampanye tersebut Kampanye public relations dalam konsepnya termasuk kepada tindakan komunikasi secara individu atau kelompok yang mengedukasi, mempengaruhi serta meyakinkan masyarakat bertujuan untuk mendapatkan target dalam mengubah sikap masyarakat agar memenuhi keinginan tertentu yang ingin dicapai oleh lembaga atau perusahaan. Selama ini BAPENDA Jabar menyusun sejumlah kampanye dalam mengoptimalisasi pembayaran pajak kendaraan bermotor. Salah satunya bekerja sama dengan sejumlah media baik cetak maupun elektronik. Selain itu, BAPENDA Jabar juga melakukan pemutihan pajak yang berfungsi untuk meringankan pembayaran pajak terutama yang sudah denda lebih dari setahun. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kampanye public relations yang dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah Jawa Barat dalam upaya meningkatkan kesadaran mayarakan untuk taat pajak, dan mengacu pada konsep the circular model of SOME yang di kemukakan oleh Regina Lutrell, yang didalamnya terdiri dari dari beberapa tahapan, yaitu Share (membagikan), Optimize (Optomasi), Manage (mengatur), dan Engage (melibatkan). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Selain itu, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan paradigma konstruktivisme, dan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwa kampanye public relations untuk menyadarkan masyarakat untuk taat pajak, sesuai dengan konsep the circular model of SOME yaitu pertama tahap share yang terdiri dari mengerucutkan segmentasi khalayak dan mengemas konten, optimize yang terdiri dari mempertimbangkan jam menaikkan konten dan mengoptimalkan fitur story, manage yang terdiri dari membuat deskripsi konten dan evaluasi, serta engage yang dilakukan dengan cara berinteraksi dengan khalayak dari Bapenda Jawa Barat melalui media sosial Instagram

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kampanye Hubungan Masyrakat; Bapenda Jawa Barat; Media Sosial
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Public Finance > Taxes and Taxation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nizar T Y Nizar T Y
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:17
Last Modified: 19 Sep 2023 06:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78210

Actions (login required)

View Item View Item