Penerapan strategi Pondok Pesantren dalam meningkatkan disiplin santri : Studi deskriptif di Pondok Pesantren An-Nur Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut

Rahayu, Yuniar Ayuning (2023) Penerapan strategi Pondok Pesantren dalam meningkatkan disiplin santri : Studi deskriptif di Pondok Pesantren An-Nur Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren merupakan salah satu lembaga dakwah di Indonesia. Selain dari lembaga dakwah juga merupakan lembaga pendidikan Islam. Oleh karena itu sebagian besar kegiatan-kegiatan yang terdapat di Pondok Pesantren adalah bertujuan untuk menambah lebih dalam mengenai wawasan keislaman dengan harapan mampu mengamalkan ajaran-ajaran yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari dan menjadikan pribadi menjadi lebih teratur dan disiplin. Untuk itu pondok pesantren membutuhkan strategi untuk mencapai mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pondok pesantren dalam meningkatkan disiplin santri yang meliputi strategi yang digunakan serta hasil pencapaian dari penerapan strategi setelah dilaksanakan yang dilakukan di pondok pesantren An-Nur Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Chandler yang mengungkapkan bahwa strategi dapat diartikan juga sebagai suatu upaya seseorang atau organisasi membuat suatu skema untuk mencapai sasaran yang hendak dituju atau dicapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi secara langsung ke tempat penelitian, wawancara langsung dengan informan yang berkaitan dan mengambil dokumentasi segala sesuatu yang berkaitan dengan data strategi pondok pesantren dalam meningkatkan disiplin santri di pondok pesantren An-Nur Kecamatan Malangbong.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Penerapan strategi pondok pesantren dalam meningkatkan disiplin santri di pondok pesantren An-Nur Kecamatan Malangbong adalah dengan tiga strategi yaitu Pengfektifan kehadiran melalui absensi, pengontrolan, dan tata Tertib. Ini dibuat agar santri mengetahui kewajibannya sebagai seorang santri di pondok pesantren An-Nur. 2). Hasil penerapan strategi pondok pesantren An-Nur belum efektif dan maksimal hal ini terjadi karena adanya dua faktor, yaitu internal dan eksternal. Faktor internal tersebut adalah jumlah pengurus terlalu sedikit dan pengurus yang kurang kesadaran dalam menjalankan strategi tersebut dan kurang konsisten . Sedangkan faktor eksternal yang terjadi adalah adanya ikut campur orang tua dan pergaulan dari siswa luar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pondok Pesantren; Disiplin Santri
Subjects: General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Yuniar Ayuning Rahayu
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:11
Last Modified: 19 Sep 2023 03:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78243

Actions (login required)

View Item View Item