Fauziah, Fazrin (2023) Marketing Public Relations PT DMH Trans melalui media sosial Tiktok. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (160kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) |
Abstract
PT DMH Trans merupakan jasa transportasi pariwisata yang menekan kan pada pelayanan transportasi. PT DMH Trans sebagai perusahaan dengan penghargaan juara 2 Implementasi Standar Pelayanan Minimal Angkutan Pariwisata. Kemunculan aplikasi TikTok yang diakui sebagai the big new media pada saat ini memberikan warna baru bagi dunia pemasaran. Pelaksanaan kegiatan marketing public relations, konteksnya menjadi berbeda. Tidak hannya merujuk pada target penjualan, PT DMH Trans juga memprioritaskan dalam upaya komunikasi pemasaran yang mengedepankan pembangunan hubungan yang baik, sejalan dengan keuntungan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Marketing Public Relations PT DMH Trans Melalui Media Sosial TikTok dengan menggunakan konsep Three Ways Strategy untuk mengetahui strategi tarik (pull strategy) dalam menarik minat konsumen, dengan strategi dorong (push strategy) yang mendorong kesuksesan pemasaran, serta menggunakan strategi lewat (pass strategy) untuk memberikan opini yang menguntungkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, yang mengadopsi paradigma konstruktivisme. Teknik yang digunakan meliputi pengumpulan data, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diungkapkan bahwa PT DMH Trans dalam melakukan kegiatan marketing public relations melalui Aplikasi TikTok menggunakan tiga stratagi, yaitu: 1) Strategi untuk menarik perhatian konsumen (pull strategy) melalui media sosial TikTok dengan menggunakan fitur TikTok berupa hashtag, template, dan audio musik pada konten yang diunggah, serta adanya konten dengan tema komedi; 2) Strategi untuk mendorong minat beli konsumen (push strategy) dilakukan dengan cara promotion, penggunaan fitur TikTok story 24 jam, serta keterlibatan mania sebagai pencinta bus DMH Trans dalam menciptakan word of mouth; dan, 3) Strategi membangun opini publik yang menguntungkan (pass strategy) dilakukan dengan cara kegiatan branding perusahaan melalui crew, dan bekerja sama dengan influencer TikTok. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, PT DMH Trans telah melakukan kegiatan marketing public relations melalui media sosial TikTok.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | marketing public relations; PT DMH Trans; tiktok |
Subjects: | General Management General Management > Marketing, Management of Distribution |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Fazrin Fauziah |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 04:41 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 04:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78252 |
Actions (login required)
View Item |