Peran Murrabi (Pembimbing) dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran Santri : Penelitian di Rumah Tahfidz'Q Kampung Cikendal Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut

Nurraissa, Asy Syifa Hilma (2022) Peran Murrabi (Pembimbing) dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran Santri : Penelitian di Rumah Tahfidz'Q Kampung Cikendal Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena semangat menghafal Al-Quran yang memunculkan berbagai Rumah Tahfidz dengan berbagai metode menghafal yang digunakan. Salah satunya yaitu Rumah Tahfidz’Q Cikendal yang berada di Kampung Cikendal Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut yang memberikan perhatian kepada santrinya dalam proses menghafal sehingga ada peningkatan hafalan dan rasa cinta terhadap Al-Quran. Untuk itu diperlukan motivasi bagi santri dalam menghafal Al-Quran yang mana salah satunya dibutuhkan peran murrobi dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran. Maka dari itu peran murrobi penting dalam membimbing santri dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi motivasi menghafal Al-Quran santri, mengetahui proses bimbingan dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran pada santri, mengetahui peran murrobi (pembimbing) dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran pada santri dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat murrobi (pembimbing) dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran pada santri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif jenis deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Adapun langkah-langkah dalam analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa : (1) Kondisi menghafal Al-Quran santri yang bermasalah dalam motivasi yaitu mudah bosan, jarang hadir, tidur saat muroja’ah dan disuruh orangtua/ ikut-ikutan teman. Adapun setelah bimbingan yang diberikan murrobi terjadi perubahan dari santri dalam proses menghafalnya menjadi lebih baik. Mereka menyadari kesalahannya dengan memperbaiki motivasi menghafalnya. (2) Proses bimbingan dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran santri dilakukan secara kelompok dengan menggunakan bimbingan klasikal. Tahapan yang dilakukan diantaranya tahap pembukaan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran. Adapun unsur yang menjadi bagian proses bimbingan yaitu pembimbing, terbimbing, materi, media dan metode bimbingan. (3) Peran murrobi (pembimbing) dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran santri yaitu sebagai guru/pembimbing, penasehat dan teladan yang baik. (4) Faktor pendukung murrobi (pembimbing) dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran santri yaitu keluarga, murrobi, dan sesama santri. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu lingkungan di luar Rumah Tahfidz’Q Cikendal, beberapa orangtua yang belum paham aturan disana, sarana prasarana belum memadai dan santri yang belum lancar membaca Al-Quran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Murrobi; Motivasi; Menghafal Al-Quran
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Asy Syifa Hilma Nurraissa
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:42
Last Modified: 19 Sep 2023 01:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78296

Actions (login required)

View Item View Item