Efektifitas model Direct Instruction pada mata pelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan hasil belajar dan akhlak siswa : Penelitian pada kelas IX di MTS Darul Falah Persis 61 Cisurupan Garut

Alhaq, Mutia (2023) Efektifitas model Direct Instruction pada mata pelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan hasil belajar dan akhlak siswa : Penelitian pada kelas IX di MTS Darul Falah Persis 61 Cisurupan Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
UPLOAD ULANG LAGI GAYS-3-5.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 UPLOAD.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2 UPLOAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3 UPLOAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4 UPLOAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5 UPLOAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS UPLOAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena akhlak siswa yang kurang baik yaitu rendahnya adab berjalan, berpakaian, makan dan minum. Hal ini didasarkan pada penemuan fenomena siswa yang berjalan tanpa mengatakan permisi, tidak disiplin dalam berpakaian dan makan minum sambil berdiri. Selain itu hasil belajar peserta didik yang cenderung rendah dibawah KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap hasil penelitian lapangan mengenai 1) Bagaimana Efektifitas model direct instruction pada mata pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan hasil belajar dan akhlak siswa pada kelas IX di MTs Darul Falah Persis 61 Cisurupan. 2) Bagaimana perbedaan peningkatan hasil belajar siswa setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan model direct instruction pada kelas IX di MTs Darul Falah Persis 61 Cisurupan. 3) Bagaimana perbedaan peningkatan akhlak siswa setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan model direct instruction Pada Kelas IX di MTs Darul Falah Persis 61 Cisurupan. 4) Bagaimana efektivitas model Efektifitas model direct instruction pada mata Pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan hasil belajar dan akhlak siswa di MTs Darul Falah Persis 61 Cisurupan. Model pembelajaran langsung (Direct Instruction) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang dapat diajarkan selangkah demi selangkah. Landasan teoritik model pembelajaran langsung adalah model teori belajar sosial, yang juga disebut belajar melalui observasi atau disebut teori pemodelan tingkah laku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eskperimen semu. Penggunaan pendekatan kuantitatif peneliti lakukan berdasarkan rumusan masalah yang sudah diajukan. Pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi, dokumentasi, wawancara, tes serta angket. Sumber data berupa primer dan sekunder. Sumber data primer berupa kepala sekolah, guru akidah akhlak dan para peserta, didik. Sedangkan sumber data sekunder berupa dokumen-dokumen pihak sekolah, buku, laporan-laporan dan lain sebaginya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Efektifitas model direct instruction pada mata pelajaran akidah akhlak meliputi proses perhatian, mengingat, memproduksi, dan motivasi. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen rata-rata pretest adalah 67,14 dan rata-rata postes adalah 85,95. 3) Terdapat perbedaan peningkatan akhlak siswa menggunakan model direct instruction dan metode diskusi pada mata yaitu pada kelas eksperimen rata-rata angket awal yaitu 105,57 dan angket akhir adalah 127,48. 4) Keefektifan model Efektifitas model direct instruction pada mata pelajaran akidah akhlak untuk meningkat hasil belajar dan akhlak siswa dapat dilihat dari hasil uji N-Gain menunjukan model direct instruction cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan sangat efektif untuk meningkatkan akhlak siswa di MTs Darul Falah Persis 61 Cisurupan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas; model direct instruction; hasil belajar; akhlak siswa
Subjects: Christianity > Education, Research
Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutia Alhaq
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:34
Last Modified: 19 Sep 2023 02:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78311

Actions (login required)

View Item View Item