Tinjauan fiqh muamalah terhadap manajemen sumber daya manusia KUD Ciparay kabupaten Bandung dalam meningkatkan prestasi kerja karyawannya

Optian, Livar (2002) Tinjauan fiqh muamalah terhadap manajemen sumber daya manusia KUD Ciparay kabupaten Bandung dalam meningkatkan prestasi kerja karyawannya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)

Abstract

Di dalam al-qur’an sudah jelas Allah memerintahkan kepada umat manusia sebagai hambaNya untuk menjadi manusia yang berprestasi dan taat akan syariah Islam. Begitu pula sebagian besar penduduk Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung yang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani dan pedagang serta mempunyai corak masyarakat yang religius, masyarakat yang taat pada peraturan pemerir.tah dan peraturan agama. Ha! ini dapat dilihat daam sistem perekonomian masyarakat Ciparay Kabupaten Bandung yang dikembangkan atas dasar keislaman mereka. Namun dalam ha! pengembangan Sumber Daya Manusia KUD Ciparay mengacu kepadakesepakatan pengurus (karyawan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang berdirinya Koperasi Unit Desa (KUD) Ciparay Kabupaten Bandung, usaha-usaha yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan prestasi kerja karyawan, serta untuk mengetahui prinsif prinsif KUD Ciparay relevansinya dengan prinsif-prinsif* fiqh muamalah dalam meningkatkan prestasi kerja karyawannya. Penelitian ini bertitik tolak dari relevansi antara peranan Manajemen Sumber Daya Manusia KUD Ciparay dalam meningkatkan prestasi kerja karyawannya dengan prinsif yang diajarkan dalam prinsif fiqh muamalah. Adapun prinsif KUD dalam meningkatkan prestasi kerja karyawannya menyangkut keanggotaan yang terbuka dan suka rela, pengelelaan yang demokratis, serta pembagian hasi! secara adi! Sedang prinsif yang terdapat pada fiqh muamalah berdasarkan atas kehormatan manusia, kekeluargaan, gotong royong, keadilan, menarikmanfaat dan menghilangkan madharat, dan kesukarelaan. Dengan demikian peranan Manajemen SDM KUD Ciparay harus sesuai dengan prinsif-prinsif tersebut di atas. Penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : Lokasi penelitian, metode penelitian menggunakan metode deskriptif, teknik nAnmimnnlQn rloto k^»n mo u/(m/Qnr'QrQ enmhAr Actio nrtntAr Hon epi'nnrlArUUIU WI V*a*» wiivwi w, Oumiyvi VJU tw £/ • iiliyi UUI1 IJVIVUIIUVI, onoltctc Hofo niAmn^miinQl'Qn nAn/H^L-ofon Li ionf if of if ummOio vivuu nivm^v* ^/vnuviwu.«»i i\uunuuu.n. Dari data yang dikumpulkan, maka diperoleh kesimpulan bahwa dalam peranan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) KUD Ciparay dalam meningkatkan prestasi kerja karyawannya dan prinsif-prinsif yang diajarkan fiqh muamalah ternyata terdapat relevansinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:42
Last Modified: 23 Nov 2023 01:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78334

Actions (login required)

View Item View Item