Kegiatan Cyber Public Relations melalui pengelolaan Instagram DPRD Kota Bandung

Putri, Alya Maulidina (2023) Kegiatan Cyber Public Relations melalui pengelolaan Instagram DPRD Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)

Abstract

Instagram menjadi media sosial utama yang digunakan oleh DPRD Kota Bandung dalam menyebarkan informasi publik. Tahun 2016 pengelolaan konten Instagram @dprd.kotabandung yang dikelola oleh bagian Humas, Protokol dan Publikasi DPRD Kota Bandung masih sederhana dan penyebaran informasi tidak sebanyak saat ini. Seiring berjalannya waktu, Instagram @dprd.kotabandung mulai banyak menyebarkan informasi terkait kegiatan yang dilakukan melalui pengemasan konten yang menarik dan informatif sehingga dapat menimbulkan kepercayaan publik. Penelitian ini menggunakan konsep 4C yang dikemukakan oleh David Armano. Konsep tersebut terdiri atas empat tahapan yaitu Content (Konten), Context (Konteks), Connectivity (Konektivitas), dan Continuity (Kontinuitas). Metode yang digunakan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan kegiatan cyber public relations melalui pengelolaan Instagram @dprd.kotabandung, paradigma yang digunakan yaitu konstruktivisme, serta teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan cyber public relations melalui pengelolaan Instagram DPRD Kota Bandung terbagi menjadi beberapa tahap. 1) tahap Content yaitu Humas DPRD Kota Bandung menentukan ide konten yang dilihat dari agenda kegiatan anggota dewan dan berita yang sedang viral dan pembuatan konten dengan menggunakan aplikasi editing foto dan video yang mana agar konten tepat sasaran dengan mengacu pada agenda dari anggota dewan dan dibuat terlihat menarik sesuai ciri khas DPRD Kota Bandung. 2) tahap Context yaitu Humas DPRD Kota Bandung menjadikan Instagram sebagai media sosial prioritas untuk informasi publik yang cepat dan terpercaya, menggunakan gaya bahasa sesuai KBBI untuk konten Instagram, dan membentuk konten yang kreatif dan berkualitas dengan prinsip ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) agar konten menjadi unik dan terlihat berbeda. 3) tahap Connectivity yaitu Humas DPRD Kota Bandung melakukan interaksi dengan memanfaatkan fitur-fitur Instagram dan melakukan kegiatan sosialisasi dalam rangka menjalin hubungan dengan followers. 4) tahap Continuity yaitu Humas DPRD Kota Bandung melakukan postingan konten setiap hari secara konsisten untuk membangun kepercayaan publik dan menjaga agar konten tetap berlangsung dengan melakukan evaluasi kegiatan sesuai rencana kerja setiap bulan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cyber Public Relations; Media Sosial; Instagram
Subjects: Systems > Theory of Communication and Control
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Alya Maulidina Putri
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:07
Last Modified: 19 Sep 2023 06:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78378

Actions (login required)

View Item View Item