Manajemen program Sekolah Pencetak Wirausaha dalam meningkatkan mutu pembelajaran : Penelitian di SMK Negeri 1 Bojongpicung Cianjur dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Cianjur

Zahra, Sintia Rahmah (2023) Manajemen program Sekolah Pencetak Wirausaha dalam meningkatkan mutu pembelajaran : Penelitian di SMK Negeri 1 Bojongpicung Cianjur dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Cianjur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)

Abstract

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) untuk Sekolah SMK, SMA dan MA masih tertinggi di antara semua jenjang pendidikan per Februari 2022 sekitar 10,38 persen. Begitupun jumlah entrepreneur di Indonesia masih tertinggal ketimbang negara-negara lain. Berdasarkan Global Entrepreneurship Index (GEI), Indonesia ada di urutan ke 97 dari 136 negara. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila di Kurikulum Merdeka Belajar memberi perhatian khusus terhadap penguatan pembelajaran kewirausahaan di SMK, SMA dan MA dengan membuat program Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW). Kegiatan ini harus dikontrol dan ditangani dengan cara tertentu di SMK Negeri 1 Bojongpicung Cianjur dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Cianjur. Teori penelitian yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah Wallace & Szigly. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskripsi kualitatif (kualitatif research). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang memfokuskan pada kasus yang terjadi di lapangan yaitu di SMK Negeri 1 Bojongpicung Cianjur dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Cianjur. Hasil dari penelitian ini adalah (1) mengetahui perencanaan program sekolah pencetak wirausaha pada perencanaan ini kepala sekolah dan juga waka kurikulum di masing-masing sekolah melaksanakan sosialisasi persiapan kegiatan program sekolah pencetak wirausaha yang akan dilakukan. Perencanaan sekolah pencetak wirausaha ini dilakukan dengan membuat program pengembangan kewirausahaan yaitu program peningkatan omset, pemasaran, prasarana dan alat, permodalan, ketenagaan dan administrasi guna mencapai tujuan sekolah pencetak wirausaha dalam tiga bidang usaha kuliner, fashion, dan kecantikan sesuai dengan pedoman yang diterbitkan dalam kurikulum Merdeka belajar. (2) pengorganisasian program sekolah pencetak wirausaha, pengorganisasian yang dilakukan adalah membentuk tim kegiatan program sekolah pencetak wirausaha yang beranggotakan kepala sekolah sebagai penanggungjawab kemudian waka kurikulum, guru pkk dan juga jajaran dewan guru yang ada sebagai tim pelaksana dari kegiatan ini. (3) pelaksanaan program yang dilakukan di SMK Negeri 1 Bojongpicung Cianjur dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Cianjur ada perbedaan pelaksanaan. Untuk di SMK Negeri 1 Bojongpicung pemberdayaan kewirausahaan ini dilakuan setiap hari kamis satu minggu sekali untuk penjualan produk kelompok kelas SPW, kemudian untuk di MAN 2 Cianjur sendiri pelaksanaan dilakukan setiap hari dilakukan dengan cara berjualan online dan offline. (4) pengendalian sumber daya lembaga dalam program ini merupakan pengawasan terhadap tim yang melaksanakan kegiatan ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Program; Sekolah Pencetak Wirausaha; Mutu Proses Pembelajaran
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sintia Rahmah Zahra
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:36
Last Modified: 20 Sep 2023 01:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78380

Actions (login required)

View Item View Item