Rebranding SMA Pesat Kota Bogor menjadi School of Talent : Studi deskriptif kualitatif pada Unit Humas SMA Pesat Kota Bogor

Rahmatullah, M. Fajar (2023) Rebranding SMA Pesat Kota Bogor menjadi School of Talent : Studi deskriptif kualitatif pada Unit Humas SMA Pesat Kota Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB II)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Lembaga Pendidikan merupakan suatu lembaga yang strategis dalam menghasilkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di suatu negara. Informasi dan pencarian lokasi lembaga sangat dibutuhkan masyarakat untuk menentukan pilihan lembaga yang diinginkan. SMA Pesat Kota Bogor melakukan upaya rebranding menjadi School of talent. Upaya tersebut dilaksanakan melalui pembuatan program baru dan dipublikasikan melalui media sosial, hal tersebut dapat dianggap mendukung efektivitas dan memudahkan dalam penyampaian informasi dengan cakupan yang luas dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses kegiatan rebranding yang dilakukan oleh SMA Pesat School of talent dengan menggunakan empat unsur rebranding yang dikemukakan oleh Muzellec dan Lambkin yaitu : 1) renaming (perubahan nama) 2) repositioning (perubahan posisi) 3) redesigning (perubahan desain) dan 4) relaunching (pengenalan produk). Teori yang dipakai yakni teori rebranding yang digagas oleh Muzellec dan Lambkin yang menjelaskan bahwa rebranding dilakukan sebagai upaya lembaga atau perusahaan untuk memperbarui elemen-elemen perusahan yang dilakukan melalui beberapa tahap seperti : renaming, repositioning, redesigning, dan relaunching. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif kualitatif. Data-data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rebranding yang dilakukan SMA Pesat School of talent melalui empat proses atau tahapan . 1) tahap pertama, penerapan proses renaming dengan penambahan nama SMA Pesat menjadi SMA Pesat School of talent. 2) tahap kedua penerapan proses repositioning dengan menambah program baru yang memadukan antara prinsip nilai keagamaan dan nilai-nilai dasar pendidikan. 3) tahap ketiga penerapan proses redesigning dengan melakukan perubahan logo SMA Pesat School of talent. 4) tahap keempat penerapan proses relaunching diantaranya ada dua proses, SMA Pesat School of talent melakukan deklarasi kepada publik internal terkait perubahan sekolah dan deklarasi media sosial dengan melakukan penyebaran informasi mengenai perubahan sekolah melalui media sosial seperti instagram, youtube dan website resmi SMA Pesat School of talent sehingga mampu membuat karakter dan ciri khas baru tersendiri di benak masyarakat dengan konten yang menarik dan informatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Rebranding; Online Public Relations; Media Sosial
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: M. Fajar Rahmatullah
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:14
Last Modified: 19 Sep 2023 06:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78393

Actions (login required)

View Item View Item