Bimbingan Islam dalam membentuk Akhlakul Karimah pada anak Tunagrahita di Sekolah Inklusi : Studi deskriptif siswa Sekolah Dasar di SD Alam Jomin Timur, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang

Latifah, Nuraeni (2023) Bimbingan Islam dalam membentuk Akhlakul Karimah pada anak Tunagrahita di Sekolah Inklusi : Studi deskriptif siswa Sekolah Dasar di SD Alam Jomin Timur, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Pada perkembangan zaman saat ini akhlak atau perilaku menjadi tolak ukur penting dalam mengenal satu sama lain. Dengan begitu akhlak yang baik dapat mengenal relasi yang baik. Pembentukan akhlak sejak usia dini merupakan salah satu cara untuk mengarahkan anak kepada masa yang lebih baik dan dekat kepada yang Maha Pencipta. Tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui kondisi emosi anak tunagrahita dalam berperilaku di sekolah dan mengetahui kegiatan Islami di SD Alam Jomin Timur, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang terhadap pembentukan akhlak karimahi anak tunagrahita. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Zakiah Daradjat (2011: 64), bahwa di sekolah melakukan bimbingan Islam dalam pelaksanaanya melalui bimbingan akhlak yang dilakukan oleh anak tunagrahita, yaitu kegiatan bimbingan akhlak yang berkaitan dengan tingkah lakunya sebagai hamba Allah, terhadap dirinya sendiri, terhadap manusia lain, terhadap binatang, dan juga terhadap makhluk Allah yang lainnya. Selain itu dalam penelitian ini terdapat teori-teori pendukung lainnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik deskriptif. Dengan Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi. Wawancara dilakukan pada guru wali kelas atau pembimbing serta observasi dan dokumentasi yang dilakukan di Sekolah Dasar Inklusi Jomin Timur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya upaya identifikasi pada anak dengan gangguan emosi dan perilaku yang bertujuan agar dapat mengetahui dan membentuk kesiapan anak dalam belajar di sekolah. Adapun tiga aspek program kegiatan bimbingan Islami yaitu, aspek akhlak Islami, aspek leadership dan aspek kegiatan bimbingan eintreipreineiurship. yang menjadi upaya dalam membentuk akhlaklakul karimah pada siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar Inklusi Jomin Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; Akhlakul Karimah; Anak Tunagrahita; Sekolah Inklusi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nuraeni Latifah
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:10
Last Modified: 20 Sep 2023 02:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78485

Actions (login required)

View Item View Item