Manajemen zakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Studi deskriptif pada Yayasan Baitul Maal PLN UID Jawa Barat

Mubarok, Rifki Maulana (2023) Manajemen zakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Studi deskriptif pada Yayasan Baitul Maal PLN UID Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (676kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih tingginya angka kemiskinan di Indonesia. Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh penerapan pengelolaan zakat yang belum maksimal. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, pemerintah menanggulangi kemiskinan melalui berbagai pendekatan program dan kegiatan. Yaitu dengan cara membentuk Yayasan Baitul Maal di lingkungan BUMN. Salah satunya di PT.PLN persero yang ada di jl. Asia afrika Sumur Bandung Kota Bandung Jawa Barat.Yayasan Baitul Maal ini tentunya menjadi salah satu lembaga pengelolaan zakat yang ada dilingkungan BUMN yang berpotensi untuk menanggulangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Jawa Barat kuhsusnya. Sehingga peneliti menganggap bahwasannya yayasan baitul maal ini sangat perlu diteliti. Agar bisa menjadi contoh bagi lembaga lain dalam membantu menanggulangi tingginya angka kemiskinan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen zakat, pelaksanaan serta hasil yang diperoleh dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini berdasarkan teori manajemen zakat tentang pengelolaan yang berisikan tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pengelolaan zakat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, karena metode ini bisa mengungkapkan serta menganalisa fenomena empiris yang terjadi dilapangan, dengan pendekatan kualitatif serta teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen zakat yang dilakukan di Yayasan Baitul Maal PLN UID Jawa Barat dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat pada prosesnya Yayasan Baitul Maal ini melakukan pengelolaan zakat dengan baik dalam perencanaan, pelaksanaan, perorganisasian, pengendalian serta pengawasan dan pendistribusian dana zakat terhadap masyarakat. Manajemen zakat di Yayasa Baitul Maal ini sudah berjalan dengan baik yakni banyak proses didalam pengelolaan zakat tersebut seperti bagaimana perencanaan perhimpunan dana zakat yang baik, pengendalian serta pengawasan yang sesuai dan pendisribusian yang tepat sasaran terhadap masyarakat atau mustahik yang sesuai dengan syariat islam sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Masyarakat; Manajemen Zakat
Subjects: Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Public Performances > Management of Public Performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Rifki Maulana Mubarok
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:55
Last Modified: 20 Sep 2023 02:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78516

Actions (login required)

View Item View Item