Persepsi siswa terhadap keterampilan komunikasi mengajar guru PAI hubungannya dengan pemahaman siswa pada mata Pelajaran PAI: Penelitian terhadap siswa kelas X SMAN 26 Bandung

Azizah, Dinda Givti (2023) Persepsi siswa terhadap keterampilan komunikasi mengajar guru PAI hubungannya dengan pemahaman siswa pada mata Pelajaran PAI: Penelitian terhadap siswa kelas X SMAN 26 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 26 Bandung diperoleh informasi bahwa persepsi siswa terhadap keterampilan komunikasi mengajar guru PAI kelas X itu sangat positif hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan proses pembelajaran dari awal hingga akhir, baik berdasarkan frekuensi kehadirannya dan durasi memperhatikan penuh apa yang disampaikan oleh guru, akan tetapi pemahaman sebagian besar siswa terhadap materi pendidikan agama Islam masih rendah, hal ini dapat dilihat dari nilai siswa belum mencapai standar nilai KKM yang ditetapkan, ini memunjukkan terdapat kesenjangan antara persepsi siswa terhadap keterampilan komunikasi mengajar guru PAI dengan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI. Adapun penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui: (1) Persepsi siswa kelas X SMAN 26 bandung terhadap keterampilan komunikasi mengajar guru PAI; (2) Pemahaman siswa kelas X pada mata pelajaran PAI; (3) Hubungan antara persepsi siswa terhadap keterampilan komunikasi mengajar guru PAI dengan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI. Sebagaimana Satrisno (2018) mengemukakan teorinya yaitu pemahaman siswa kurang dan banyaknya dipengaruhi oleh keterampilan dan pola komunikasi guru dalam proses pembelajaran. Berdasarkan teori dan permasalahan yang ada, maka hipotesis yang diajukan penulis adalah terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap keterampilan komunikasi mengajar guru PAI dengan pemahaman siswa kelas X pada mata pelajaran PAI. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deksriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 26 Bandung dengan populasi seluruh kelas X yang berjumlah 353 siswa, sampel yang diambil sebanyak 20% dari jumlah populasi yaitu berjumlah 70 orang. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, penulis menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: analisis parsial, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji korelasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan prosedur penelitian yang sudah dilaksanakan, maka didapatkan hasil: (1) Persepsi siswa terhadap keterampilan komunikasi mengajar guru PAI termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 3,70 yang berada pada interval 3,40-4,19; (2) Pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 79,56 yang berada pada interval 70-79; (3) Hubungan persepsi siswa terhadap keterampilan komunikasi mengajar guru PAI dengan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI yaitu: (a) mempunyai korelasi positif yang lemah dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,25 yang berada pada interval 0,21-0,40 (b) Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 6,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain (c) hipotesis alternatif (Ha) diterima berdasarkan hasil perhitungan t_hitung (2,189) > t_tabel (1,996) yang artinya terdapat korelasi positif antara variabel X dan Y.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa; Keterampilan Komunikasi Mengajar Guru PAI; Pemahaman Siswa
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinda Givti Azizah
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:33
Last Modified: 05 Oct 2023 08:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78525

Actions (login required)

View Item View Item