Pengaruh Diseminasi pesan dakwah dalam pengemasan iklan produk terhadap Brand Image Wardah di UIN Sunan Gunung Djati: Penelitian terhadap mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati angkatan 2019-2022

Husna, Raihan (2023) Pengaruh Diseminasi pesan dakwah dalam pengemasan iklan produk terhadap Brand Image Wardah di UIN Sunan Gunung Djati: Penelitian terhadap mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati angkatan 2019-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar Isi.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Gaya hidup halal menjadi tren global, termasuk dalam konsumsi kosmetik seperti Wardah. Persaingan industri kosmetik semakin ketat, memaksa perusahaan untuk mempertahankan pelanggan dengan brand image yang kuat. Wardah Kosmetik menggunakan iklan berisi pesan dakwah untuk mempertahankan brand image sebagai produk kosmetik halal dan aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh diseminasi pesan dakwah dalam pengemasan iklan produk Wardah di UIN Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei untuk mengumpulkan data dalam bentuk angka. Paradigma positivisme digunakan sebagai landasan filsafat untuk memandang gejala atau fenomena sebagai hal konkret yang dapat diukur. Populasi penelitian ini adalah mahasiswi UIN Bandung angkatan 2019-2022 sebanyak 16.119 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Purposive Sampling, dengan memperhatikan kriteria yang ditetapkan peneliti. Dari penggunaan rumus Slovin, diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini, digunakan Teori Elaboration Likelihood Model. Pesan dakwah dinilai melalui dua dimesi, yakni isi pesan dan struktur pesan, sementara brand image dinilai melalui empat dimensi, yaitu Recognition, Reputation, Affinity, dan Domain. Hasil analisis korelasi menunjukkan korelasi kuat dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,767 (0,60 - 0,799), mengindikasikan respons positif mahasiswi UIN Bandung terhadap pesan dakwah dalam iklan Wardah. Uji pengaruh menunjukkan dampak signifikan, dengan 58,9% koefisien determinasi pada citra merek (brand image). Sisanya (41,1%) dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Uji hipotesis menolak hipotesis nol (Ho) dan menerima hipotesis alternatif (Ha). Implikasi penelitian ini adalah meningkatkan kesadaran konsumen tentang nilai-nilai dakwah melalui iklan produk Wardah. Dalam konteks ini, dakwah dapat dilakukan dengan media apapun, termasuk iklan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Iklan; Brand Image; Elaboration Likelihood Model
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Communications Telemunications > Wireless Communications
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Raihan Husna
Date Deposited: 20 Sep 2023 01:43
Last Modified: 20 Sep 2023 01:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78537

Actions (login required)

View Item View Item