Strategi komunikasi persuasif pengurus Pondok Pesantren melalui pengajian rutin dalam pembinaan akhlak santri : Studi kasus di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Desa Cibuntu Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor

Fitria, Raihanny (2023) Strategi komunikasi persuasif pengurus Pondok Pesantren melalui pengajian rutin dalam pembinaan akhlak santri : Studi kasus di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Desa Cibuntu Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)

Abstract

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum merupakan pondok pesantren salafiyah yang berfokus mencetak insan bertaqwa, berakhlakul karimah, dan menanamkan ilmu agama Islam yang berbasis pada kitab-kitab kuning. Pondok Pesantren Raudlatul Ulum menyelenggarakan kegiatan pengajian rutin yang bertujuan untuk membina dan mendidik akhlak santri, sehingga dapat bermanfaat bagi umat, bangsa, dan negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh pengurus Pondok Pesantren Raudlatul Ulum melalui kegiatan pengajian rutin dalam pembinaan akhlak santri yang terdiri dari strategi komunikasi psikodinamika, sosiokultural, dan meaning construction. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi persuasif oleh Melvin L. DeFleur dan Sandra J. Ball Roceach untuk mendeskripsikan strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh pengurus Pondok Pesantren Raudlatul Ulum melalui kegiatan pengajian rutin dalam pembinaan akhlak santri. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif atau fenomenologi, pendekatan kualitatif, metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta teknik analisis data dengan seleksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian dan pembahasan yang didapatkan sebagai berikut: 1) Strategi komunikasi psikodinamika yang dilakukan oleh pengurus diantaranya menggunakan bahasa tutur kata yang mengayomi, lemah lembut, dan mudah dipahami serta pembelajaran secara bertahap dan menafsirkan makna 2) Strategi komunikasi sosiokultural yang dilakukan oleh pengurus diantaranya musyawarah dan tukar pendapat atau mudzakarah 3) Strategi komunikasi Meaning Construction yang dilakukan oleh pengurus diantaranya menggunakan bahasa analogi atau perumpamaan kata serta bahasa yang disederhanakan maknanya. Adapun implikasi penelitian sebagai berikut: 1) Secara akademis sebagai pengembangan wacana keilmuan dakwah dan ilmu komunikasi 2) Secara praktis sebagai kajian dan bahan evaluasi pengurus, santri, dan juga penulis 3) Secara sosial sebagai penyadaran untuk masyarakat tentang pentingnya mendalami ajaran agama Islam untuk mewujudkan masyarakat yang beradab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi; Persuasif; Pengajian; Pembinaan Akhlak
Subjects: Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Raihanny Fitria
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:18
Last Modified: 20 Sep 2023 02:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78543

Actions (login required)

View Item View Item