Nisa, Fuja Nabila Khoirun (2023) Pengaruh manajemen kurikulum Merdeka terhadap budaya organisasi sekolah : Penelitian pada Sekolah Dasar Islam Terpadu se-Kabupaten Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (669kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum di Indonesia telah mengalami perubahan dari masa ke masa salah satunya adalah kurikulum merdeka yang sekarang sudah ditetapkan oleh menteri pendidikan. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum intrakurikuler pembelajaran yang beragam di mana konten akan dioptimalkan untuk memberikan waktu yang cukup bagi siswa untuk menyelidiki konsep dan membangun kompetensi. Budaya organisasi sekolah salah satunya dipengaruhi oleh manajemen kurikulum. Sehingga budaya organisasi sekolah yang baik dapat membantu mewujudkan peningkatan kualitas sekolah dan menjadikan sekolah yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui realitas manajemen kurikulum Merdeka pada SD Islam Terpadu se-Kabupaten Purwakarta; 2) mengidentifikasi realitas budaya organisasi sekolah pada SD Islam Terpadu se-kabupaten Purwakarta; 3) menganalisis dan menaksir pengaruh manajemen kurikulum merdeka terhadap budaya organisasi sekolah pada SD Islam Terpadu se-Kabupaten Purwakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif verifikatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 50 responden. Analisis data yang dilakukan berupa uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis parsial per indikator, uji prasyarat (uji normalitas dan uji linearitas), uji hipotesis (uji korelasi, uji regresi linear sederhana, uji signifikansi, serta uji koefisien determinasi). Dari rangkaian uji statistik hasil yang diperoleh menerangkan bahwa: 1) Realitas manajemen kurikulum Merdeka pada SD Islam Terpadu se-Kabupaten Purwakarta telah diterapkan dengan cukup baik; 2) Budaya organisasi sekolah pada SD Islam Terpadu se-Kabupaten Purwakarta dilaksanakan dengan baik; 3) Manajemen kurikulum Merdeka mempengaruhi budaya organisasi sekolah pada Sd Islam Terpadu se-Kabupaten Purwakarta sebesar 52,4% sedangkan sisanya 47,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum Merdeka; Budaya Organisasi Sekolah |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Fuja Nabila Khoirun Nisa |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 02:30 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 02:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78544 |
Actions (login required)
View Item |