Makna kebudayaan dalam foto jurnalistik: Analisis semiotika pada Media Online antaranews.com dalam pemberitaan pembukaan kegiatan KTT G20 2022

Hisyam, Muhamad Fajri (2023) Makna kebudayaan dalam foto jurnalistik: Analisis semiotika pada Media Online antaranews.com dalam pemberitaan pembukaan kegiatan KTT G20 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy

Abstract

Fotografi merupakan salah satu alat komunikasi, dimana sebuah foto mampu membentuk pandangan dunia ke dalam benak manusia, hasil bidikan foto lebih ampuh dari pada gambar atau lukisan. Foto mampu memvisualisasikan suatu peristiwa dalam bentuk gambar, seperti yang ada pada foto jurnalistik dalam kegiatan pembukaan KTT G20. Sebab ada banyaknya elemen budaya yang muncul secara tersurat maupun tersirat dalam rangkaian foto tersebut, yang membuat peneliti ingin menganalisis secara semiotika. Penelitian ini bertujuan untuk membuka pesan-pesan yang tak tersampaikan fotografer dengan cara memahami makna denotasi, konotasi, dan mitos yang terdapat pada foto kegiatan pembukaan KTT G20 di Indonesia yang disajikan oleh jabar.antaranews.com memiliki makna yang kuat. Didasarkan pada penggunaan teori semiotika Roland Barthes. Semiotika sendiri merupakan ilmu tentang tanda atau studi tentang bagaimana sistem penandaan berfungsi. Adapun tiga signifikasi metode semiotika Roland Barthes yaitu makna denotasi, makna konotasi, dan makna mitos. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika konsep Roland Barthes yang terdiri atas tiga tahapan pemaknaan yaitu denotasi, konotasi, dan mitos kemudian mendekripsikan hasil analisisnya secara sistematis sesuai fakta dan data yang telah didapat. Hasil penelitian yang dilakukan mengenai makna kebudayaa pada foto jurnalistik pada kegiatan pembukaan KTT G20 2022 di Bali, Indonesia, kajian penelitian ini menyimpulkan bahwa antaranews.com melalui 10 foto jurnalistik yang dipublikasikan, secara keseluruhan menyajikan pesan, Indonesia sedang menjadi tuan rumah pertemuan bilateral negara-negara anggota G20. Ternyata fotografer dalam karyanya yang menampilkan objek berupa manusia, elemen budaya, dekorasi dan suasana, berdasarkan apa yang terjadi di lapangan. Objek yang terdapat dalam rangkaian foto, secara tersirat memberikan makna kebudayaan yang ada. Negara Indonesia yang ditunjuk sebagai tuan rumah KTT G20 2022, berusaha membangun citra positif guna memberikan kesan baru kepada seluruh tamu kenegaraan, dengan menonjolkan kebudayaan Indonesia yang ada melalui berbagai aspek seperti pelayanan, keamanan, dekorasi, sajian budaya secara material maupun non-material menimbulkan kesan dan persepsi baru yang positif bagi orang yang melihat visual yang disajikan dalam foto jurnalistik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Foto Jurnalistik; Semiotika; KTT G20; Antaranews.com
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Techniques and Procedures
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Muhamad Fajri Hisyam
Date Deposited: 20 Sep 2023 04:31
Last Modified: 20 Sep 2023 04:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78550

Actions (login required)

View Item View Item