Hubungan perilaku inovatif kepala tata usaha dengan layanan administratif : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Tasikmalaya

Afrizan, Alzian Nurman (2023) Hubungan perilaku inovatif kepala tata usaha dengan layanan administratif : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy

Abstract

Tata Usaha Madrasah termasuk bagian yang melaksanakan teknis pada bagian administrasi dan informasi Pendidikan di Madrasah. Umumnya Kepala Tata Usaha ialah pihak yang bertanggung jawab atas kegiatan administrasi di Madrasah. MAN Kota Tasikmalaya dinilai efektif dan efisien dalam menjalankan proses layanan administrasinya, hal ini tidak terlepas dari komunikasi yang baik yang dilakukan oleh Kepala Tata Usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perilaku inovatif Kepala Tata Usaha di MAN se-Kota Tasikmalaya, 2) mengetahui layanan administratif di MAN se-Kota Tasikmalaya, 3) menganalisis hubungan perilaku inovatif Kepala Tata Usaha dengan layanan administratif di MAN se-Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode survei dan pendekatan kuantitatif berjenis korelasi yang dilakukan terhadap 42 tenaga Tata Usaha di MAN se-Kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Analisis data dilakukan dengan tahapan uji instrumen untuk mengetahui validitas dan reabilitas kuesioner, uji analisis parsial per indikator, uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas, serta uji hubungan atau korelasi. Dari rangkaian uji statistic hasil yang diperoleh menerangkan bahwa 1) Realitas perilaku inovatif Kepala Tata Usaha di MAN se-Kota Tasikmalaya telah dilakukan dengan baik, 2) Realitas layanan administratif di MAN se-Kota Tasikmalaya telah dilakukan dengan sangat baik, 3) Perilaku inovatif Kepala Tata Usaha berhubungan dengan layanan administratif di MAN se-Kota Tasikmalaya sebesar 38,1%. Adapun 61,9% dipengaruhi oleh factor lain seperti kinerja pegawai Tata Usaha dan kompetensi manajerial Kepala Tata Usaha. Bagi Kepala Tata Usaha di MAN se-Kota Tasikmalaya diharapkan agar mampu mempertahankan perilaku inovatifnya dalam mengelola layanan administratif Madrasah. Selain itu, Kepala Tata Usaha juga harus mampu melihat kekurangan dan konflik yang ada menjadi sumber kekuatan untuk meningkatkan kualitas layanan administrasinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Inovatif Kepala Tata Usaha; Layanan Administratif
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Alzian Nurman Afrizan
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:28
Last Modified: 25 Sep 2023 01:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78556

Actions (login required)

View Item View Item